source: http://kamar-bujang2.blogspot.co.id/2015/08/ternyata-membersihkan-wajah-dengan.html

1. Bersihkan Makeup di Bagian Mata Terlebih Dahulu

Hal pertama yang harus kamu bersihkan yaitu makeup pada mata menggunakan pembersih makeup sebelum membersihkannya dengan sabun wajah. Caranya, tuangkan pembersih makeup atau makeup remover di atas kapas. Setelah itu letakkan kapas di atas mata dan diamkan sebentar kira-kira dua detik. Kemudian usap secara perlahan ke arah samping. Disarankan tidak menggosoknya atau menarik kuat-kuat karena khawatir dapat menyebabkan iritasi.

2. Gunakan Makeup Remover Khusus untuk Area Sensitif

Di bagian wajah terdapat area kulit yang lebih sensitif dibanding kulit di area yang lain. Area sensitif tersebut seperti bibir dan kulit sekitar mata. Untuk area tersebut, disarankan menggunakan makeup remover khusus. Kamu bisa mencoba Etude House Lip & Eye Remover. Produk ini bisa kamu dapatkan di sephora dengan harga Rp168.000 untuk ukuran 100 ml.
source: http://etudepreciousmineralanycushion.blogspot.co.id/2015/04/etude-house-lip-eye-remover-100ml.html
Jika bibir dan kulit di sekitar matamu sangat sensitif, kamu bisa memilih makeup remover yang bebas alkohol dan parfum.

3. Sesuaikan Makeup Remover Dengan Jenis Kosmetik yang Digunakan

Jika makeup yang kamu gunakan adalah makeup yang waterproof, alangkah baiknya jika menggunakan makeup remover yang diperuntukkan untuk membersihkan makeup jenis ini juga. Atau pilihlah makeup remover yang berbahan dasar minyak untuk lebih mudah dan lebih ampuh membersihkan serta meminimalisir terjadi iritasi. Karena makeup remover berbahan dasar minyak lebih mudah menghapus makeup yang menempel dengan sempurna. Jadi, kita tidak perlu menggosok kulit terlalu kuat untuk membersihkannya. Menggosok kulit terlalu kuat saat membersihkan makeup dapat menyebabkan iritasi, perih, dan kemerahan pada kulit.

4. Gunakan Facial Foam untuk Membersihkan wajah

Setelah wajah bersih dari makeup dengan make up remover, langkah selanjutnya yaitu membersihkan wajah dengan sempurna menggunakan facial foam atau pembersih wajah. Sesuaikan produk facial foam atau sabun wajah dengan jenis kulitmu, ya.
Kamu juga bisa menggunakan cleanser milk sebagai pengganti facial foam. Jika kamu merasa repot membersihkan wajah menggunakan air, cleanser milk bisa dijadikan alternatif. Caranya, tuang cleanser milk secukupnya pada tangan lalu oleskan pada wajah. Setelah itu, gunakan kapas untuk mengangkat cleanser milk dari wajah. Cobalah Nuxe Rose Petals Comforting Cleansing Milk. Selain dapat membersihkan kulit wajah, cleansing milk ini mengandung Hyaluronic Acid yang dapat menjaga kelembaban kulit dan melindunginya dari kekeringan. Cleansing milk ini juga mengandung bahan lain yang dapat menutrisi kulit. Harga dari Nuxe Rose Petals Comforting Cleansing Milk sekitar Rp285.000 yang bisa kamu dapatkan di Sociolla.com.
source: http://www.teaonthetyne.com/2014/08/my-top-vegan-cleansers.html

5. Bersihkan Secara Tuntas Dengan Toner

Toner digunakan untuk mengangkat sisa makeup secara tuntas. Toner juga berguna untuk menyiapkan kulit untuk menerima dan menyerap nutrisi dari cream atau pelembab. Cara mengaplikasikan toner yaitu, tuangkan toner secukupnya pada kapas. Tepuk-tepuk wajah menggunakan kapas yang sudah diberi toner. Nuxe Rose Petals Gentle Toning Lotion juga bisa jadi pilihanmu. Toner ini diklaim dapat digunakan oleh semua jenis kulit dari normal hingga jenis kulit sensitif. Dan memiliki keunggulan lain yaitu dapat menghaluskan kulit, mengecilkan pori-pori, dan memberi rasa segar pada wajah serta tidak mengandung alkohol. Nuxe Rose Petals Gentle Toning Lotion dapat kamu beli secara online di Sociolla.com dengan harga Rp245.000.
source: https://fashionbeautyacne.wordpress.com/2014/06/10/product-review-nuxe-gentle-toning-lotion/