1. Pisang


Pisang mengandung karbohidrat yang dapat memberimu energi dan memberi asupan potassium untuk menjaga fungsi saraf dan otot selama olahraga.

2. Oat


Kaya akan serat yang dapat membantu melepaskan karbohidrat ke dalam peredaran darah sehingga dapat menambah asupan energimu di saat olahraga.

3. Kafein


Kafein dapat membantu orang yang meminumnya merasa lebih bugar di saat olahraga. Kafein juga dapat memperlambat rasa lelah pada tubuh dan meningkatkan tingkat pembakaran lemak.

4. Smoothies Buah


Smoothies buah umumnya memiliki protein berkualitas tinggi yang mudah dicerna serta kombinasi karbohidrat yang simpel dan kompleks sehingga dapat menambah energi.

5. Putih Telur


Kuning telur dapat memperlambat metabolisme tubuh sehingga dapat membuat tubuhmu merasa mual dan berat saat olahraga. Lebih baik mengkonsumsi putih telur yang kaya akan protein dan tanpa kandungan lemak.

6. Buah Kering


Kalau kamu tidak punya banyak waktu buah kering dapat menjadi alternatif karena dapat memberimu tambahan energi secara instan. Pilih buah berry, aprikot atau nanas kering.

7. Roti Gandum


Gandum atau biji-bijian mengandung karbohidrat kompleks yang kaya akan serat. Kalau kamu berolahraga dalam durasi yang lama, makanan ini baik untukmu.

8. Dada Ayam


Dada ayam mengandung banyak protein yang dapat memperbaiki otot-ototmu yang lelah setelah berolahraga. Kalau kamu ingin makan nasi, pilih brown rice yang memiliki karbohidrat kompleks.

9. Yoghurt Yunani


Memiliki kandungan protein dua kali lipat lebih banyak dan kandungan gula yang lebih sedikit dibandingkan yoghurt biasa. Yoghurt Yunani adalah pilihan tepat untuk makanan penambah energi yang lebih mudah dicerna.

10. Protein Shake


Protein shake memiliki nutrisi yang tepat untuk mencegah kerusakan pada otot dan mendukung pertumbuhan otot. Carilah protein shake yang mengandung 20 gr protein dan 30-40 gr karbohidrat.
Ingat, jangan sampai berolahraga dengan perut kosong!