1. Memiliki Nomor Resmi dari BPOM

Seluruh obat-obatan di Indonesia harus terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) termasuk kosmetik. Pastikan produk yang kamu beli memiliki nomor resmi dari BPOM. Kemudian cek kembali pada website resmi BPOM apakah cocok produk dan nomornya, karena bisa jadi produk tersebut menggunakan nomor palsu.

2. Nomor Customer Service

Saat ini produk Indonesia memiliki ketentuan harus ada nomor customer service. Agar saat terjadi masalah pada penggunaan produk tersebut konsumen bisa langsung komplain pada pihak yang bersangkutan. Kamu juga bisa mengontak customer service jika terjadi kecurigaan pada produk tersebut.

3. Pilih Kosmetik Terpercaya

Kosmetik terpercaya memiliki perusahaan resmi dan memiliki kedudukan hukum yang jelas. Pilih produk kosmetik yang memiliki track record baik, mulai dari sejarah atau latar belakang perusahaan agar produk yang kamu gunakan memang bisa dipercaya.

4. Kenali Produk yang Digunakan

Setiap produk kosmetik memiliki produk tertentu yang menjadi andalan. Seperti Pond's yang hanya mengeluarkan produk perawatan wajah. Produk ini tidak mengeluarkan produk untuk lipstik, bedak two way cake atau pun eyeshadow.
source: http://www.inmybag.co.za/2014/04/07/my-ponds-7-day-challenge-a-giveaway/

5. Kenali Tekstur

Perhatikan juga kemasan, aroma serta teksturnya. Banyak produk kosmetik palsu yang beredar memanfaatkan merek terkenal. Bila kamu sudah terbiasa menggunakan produk tersebut coba kenali tekstur dan aromanya. Kamu juga patut curiga bila memang harganya jauh dari harga yang semestinya.
source: http://www.joyindonesia.com/kenali-berbagai-tekstur-kosmetik/