1. Pilih Warna Rambut yang Sesuai

Hati-hati saat memilih warna rambut. Warna rambut yang digunakan selebriti atau teman belum tentu cocok kita gunakan. Agar warna rambut tampak sempurna, pilih warna rambut sesuai warna kulit. Kulit sawo matang lebih baik menggunakan warna cokelat gelap, merah keunguan atau cokelat dengan pantulan kemerahan. Agar warna kulit sawo matang terlihat lebih cerah. Pertimbangkan juga faktor warna mata, tekstur rambut dan potongan rambut yang sesuai dengan bentuk wajah.

2. Jangan Keramas

Sebelum mewarnai rambut usahakan untuk tidak keramas. Hindari keramas selama 24 jam sebelum mewarnai rambut. Karena zat warna rambut lebih mudah menempel dan tahan lama pada rambut yang berminyak. Minyak alami kulit bisa jadi penyangga antara kulit kepala dan bahan pewarna rambut.

3. Sampo Khusus

Gunakan sampo khusus untuk rambut berwarna yang juga mengandung sunscreen. Bila susah didapatkan, kamu bisa membuatnya sendiri. Caranya, campurkan setengah cangkir air (150ml) dan 1 sdt sunscreen SPF 25 ke dalam botol spray. Kemudian semprotkan pada rambut setelah keramas. Sampo khusus mengandung sulfat dan memiliki perlindungan ringan untuk mencegah warna rambut memudar. Kamu bisa menggunakan Herbal Essences Color Me Happy yang tersedia di supermarket dengan harga Rp20 ribuan. Produk ini juga tersedia dalam bentuk kondisioner yang bisa mempertahankan warna rambut.
source: http://www.soap.com/p/productname-253846

4. Perhatikan Jenis Pewarna

Pewarna rambut terdiri dari dua jenis yaitu semi permanen dan permanen. Pewarna semi permanen sifatnya sementara dapat bertahan 4-6 minggu saja. Zat pewarna ini hanya terserap sementara oleh batang rambut, sehingga zat pewarna tidak bertahan lama. Pewarna permanen mengandung ammonia dan peroxide yang bisa merubah warna asli rambut sehingga zat warna bertahan lama.

5. Perawatan Rambut

Rambut berwarna tentu membutuhkan perawatan ekstra, seperti masker rambut, kondisioner dan vitamin. Gunakan kondisioner kemudian bungkus rambut dengan shower cap dan diamkan selama 20 menit. Setidaknya gunakan kondisioner satu minggu sekali.