1. Tidak Minum Air Putih

Kondisi kulit kering bisa terjadi karena kekurangan cairan dalam tubuh. Bila bibir kering dan minum air semakin berkurang, tentu akan semakin memperparah keadaan bibir. Tak hanya dari air putih, kamu bisa mengkonsumsi teh hijau, air kelapa dan buah-buahan yang memiliki kandungan air tinggi.
source: http://www.vemale.com/kesehatan/67411-12-manfaat-minum-air-putih.html

2. Menggunakan Lipstik

Makeup artis Bubah Alfian menyarankan untuk tidak menggunakan lipstik saat bibir kering. Kecuali memang bila kamu berada dalam kondisi terpaksa untuk memakai lipstik. Selain itu hindari penggunaan lipstik matte karena tidak memiliki kandungan pelembab. Bibir kering dan pecah-pecah justru semakin sulit saat dirias. Untuk itu sebaiknya lakukan scrubbing atau menggosok bibir untuk mengangkat kulit mati terlebih dahulu. Kamu bisa melakukan scrubbing seminggu sekali. Bisa dengan menggunakan bahan alami seperti madu, irisan tomat dan mentimun.

3. Sering Membasahi Bibir

Membasahi bibir dengan air liur bisa membuat bibir semakin kering karena tidak bisa melembabkan bibir dengan baik. Air liur membuat lapisan pelembab alami di bibir semakin cepat terkikis. Selain itu mengandung enzim yang berperan melarutkan makanan dalam proses pencernaan. Saat menyentuh bibir, enzim akan bekerja seperti saat bertemu makanan.
source: http://kabarimbo.com/cara-mengatasi-bibir-kering-dan-pecah-pecah/

4. Mengelupas Bibir Dengan Tangan

Tanpa sadar saat bibir kering seringkali kita menarik kulit mati dengan tangan. Hal ini justru membuat bibir pecah-pecah dan berdarah. Bahkan bisa membuat bibir menghitam. Sebaiknya oleskan facial oil kemudian gosokkan menggunakan sikat gigi secara perlahan.

5. Terlalu Sering Menggunakan Lipbalm

Boleh saja menggunakan lipbalm pada bibir namun tidak terlalu sering. Lipbalm sebenarnya tidak bisa menyerap ke dalam kulit dan tidak bisa melembabkan bibir. Sebaiknya perhatikan kandungan yang terdapat pada lipbalm karena apabila mengandung camphor atau menthol justru membuatnya kering. Kamu bisa menggunakan lipbalm yang bertekstur krim atau salep. Kandungan hyaluranic acid atau squalance dapat mengikat air dari atmosfer udara ke kulit. Atau pilih pelembab yang mengandung shea butter, minyak alpukat dan jojoba oil. Untuk itu, kamu bisa mencoba L'occitane Shea Butter Lip Balm. Kandungan shea butter yang terdapat di dalamnya dapat melindungi kulit bibir dari masalah iklim, seperti bibir kering dan pecah-pecah. Kamu bisa mendapatkan produk dari L'occitane ini seharga Rp151 ribu. Bila tidak tersedia di pasaran kamu bisa membeli secara online di id.loccitane.com.
source: http://id.pricepedia.org/jual/l-27occitane-shea-butter-lip-balm-stick-2gr-555c77c3b050970c1c2e05bb.html