1. Cuci Tangan Sebelum Memakai Lensa Kontak

Pastikan tangan dalam keadaan bersih saat menggunakan lensa kontak. Bahkan saat membersihkan dan melepas lensa kontak. Karena bakteri bisa menempel pada lensa sehingga dikhawatirkan bisa menyebabkan iritasi mata.
source: http://rsuddrsoerotongawi.com/drupal21/tata-cara-mencuci-tangan-yang-baik-dan-benar-beserta-manfaatnya

2. Bersihkan Lensa Kontak Sebelum Disimpan

Setelah dilepas sebaiknya bersihkan lensa kontak terlebih dahulu sebelum disimpan. Hal ini untuk mencegah bakteri berkembang biak di dalam cairan perendam. Letakkan di atas telapak tangan kemudian cuci lensa kontak dengan cairan pembersih.
source: http://www.matawong.com/2015/12/tips-merawat-lensa-kontak.html

3. Tetap Dibersihkan Meskipun Disimpan Lama

Lensa kontak yang disimpan lama cairannya harus tetap diganti agar selalu steril. Karena cairan yang sudah tersimpan lama mudah tercemar kotoran akibat rendaman lensa kontak dalam waktu lama. Kamu bisa mengganti cairan seminggu sekali.

4. Pemakaian Tidak Dalam Waktu Lama

Waktu ideal menggunakan lensa kontak yaitu delapan jam. Lebih dari waktu tersebut mata bisa kekurangan oksigen. Selain itu lensa yang kering bisa menggesek permukaan mata. Sebaiknya lepas lensa kontak bila sudah delapan jam. Kamu bisa mencucinya kemudian boleh digunakan kembali. Bisa juga memakai obat tetes mata agar lensa tetap lembab dan basah.

6. Hindari Memakai Lensa Kontak Saat Mandi & Berenang

Lensa kontak bisa menyerap bakteri dan parasit yang ada di dalam air. Hal ini justru bisa membuat infeksi pada mata atau masalah kesehatan mata yang lebih parah. Meskipun kamu memakai kacamata renang pemakaiannya tetap harus dihindari.

6. Hindari Mencuci Dengan Air Keran

Air keran mengandung mikroorganisme berbahaya untuk kesehatan mata. Meskipun cairan pembersih habis kamu harus tetap membeli cairan tersebut. Ikuti juga aturan yang tertera pada kemasan solution (cairan pembersih lensa kontak). Gosok lensa dengan lembut dan bilas berulang-ulang untuk membersihkan kotoran.

7. Perhatikan Masa Kadaluarsa

Penggunaanya lensa kontak memang sangat sensitif. Sebaiknya perhatikan masa kadaluarsa yang tertera. Bila sudah kadaluarsa ganti segera dengan yang baru agar tidak menimbulkan masalah kesehatan. Kadaluarsa yang tertera berlaku bila lensa kontak belum dibuka dan tercemar debu dan udara. Bila lensa hanya bisa digunakan satu hari berarti tidak boleh digunakan lebih dari 24 jam.

8. Gunakan Lensa Kontak yang Sesuai

Pilih lensa kontak yang sesuai dengan mata. Lensa mata yang sesuai merupakan langkah tepat melindungi mata. Hindari memilih lensa karena tergiur dengan harga yang murah. Pilih yang berkualitas dan tempat terpercaya saat membeli lensa kontak. Kamu bisa menggunakan lensa kontak dari Illustro 1-Day. Kemasannya berbentuk flatpack yang mudah dibuka. Memiliki ketebalan 1 mm lebih tipisa dari lensa kontak lainnya. Sehingga nyaman saat digunakan pada mata. Produk ini tersedia dengan ukuran -0.50 sampai -10,00. Kamu bisa mendapatkan produk ini seharga Rp350 ribu di gerai Optik Melawai.
source: http://www.optikmelawai.com/lensa-kontak-perawatan/illustro-1-day-lensa-kontak-tertipis-dunia.html