1. Pembersih

Salah satu cara mengontrol minyak yang berlebihan dan menjaga kulit tetap bersih adalah dengan rajin membersihkan wajah. Kamu bisa menggunakan pembersih wajah atau sabun cuci muka yang khusus untuk kulit berminyak. Bila kamu menggunakan toner sebagai pembersih sebaiknya pilih yang bebas alkohol. Wajah yang sudah berjerawat sebaiknya memakai produk yang mengandung salicylicacid atau tea tree oil. Hati-hati jangan menggosok terlalu keras karena bisa mengurangi kelembaban kulit. Gunakan produk Nivea terbaru White Oil Control Make Up Clear yang diformulasikan untuk kulit berminyak. Dapat membersihkan kotoran hingga ke pori-pori wajah sekalipun. Kamu bisa medapakan produk Nivea di supermarket dengan harga Rp28 ribuan.
source: http://topsshoponline.tops.co.th/en/p/FacialCare_FacialCleanser/Nivea-White-Oil-Control-Make-Up-Clear-Mud-Foam-100g

2. Pelembab

Meskipun kulit berminyak tetap harus membutuhkan pelembab. Pilih pelembab jenis lotion yang non comedogenic atau oil free. Pelembab dengan bahan dasar air seperti gel juga cocok untuk jenis kulit berminyak. Pelembab dengan tekstur yang ringan akan mudah menyerap ke dalam kulit. Gunakan juga tabir surya dengan SPF maksimal 30. Bila terlalu tinggi justru membuat wajah semakin berminyak. Coba gunakan produk Clinique Dramatically Different Moisturizing Gel. Tekstur gel nya ringan dan mudah meresap membuat kulit lembab dan tidak lengket. Kamu bisa mendapatkan produk ini seharga Rp600 ribuan.
source: http://mecca.com.au/clinique/dramatically-different-moisturising-gel-with-pump/I-010048.html

3. Makeup

Tidak semua kosmetik cocok untuk kulit berminyak. Bila salah memilih justru membuat kosmetik seperti foundation tidak rata. Untuk foundation pilih yang bentuknya cair dan bedak tabur sebagai rias wajah. Mineral makeup juga cocok diaplikasikan untuk kulit berminyak. Pilih blush on yang jenisnya powder karena cocok untuk kulit berminyak daripada jenis krim. Bare Minerals Foundation Broad Spectrum mengandung mineral yang mampu menyerap minyak berlebihan. Meskipun bentuknya seperti bedak, namun foundation seharga Rp380 ribuan terasa lembut saat digunakan. Blush on jenis powder dari Anna Sui Rose Cheek Color bisa kamu coba. Produk seharga Rp390 ribu ini memiliki warna pigmented dan mudah dibaurkan.
source: http://www.amazon.com/Bareminerals-Original-Foundation-Spectrum-Medium/dp/B00HYSWLEY
source: http://nansbeautycrush.com/product/anna-sui-rose-cheek-color