Nah, menu diet yang sehat ini bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu coba di rumah. Makanan pasca melahirkan di bawah ini mengandung takaran gizi dari protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral, serta serat yang cukup untuk tubuh. Untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan, selalu periksa makanan yang akan kamu konsumsi dari penggunaan pestisida, pengawet, dan zat adiktif yang tidak baik untuk tubuh.
source: http://7startips.com/wp-content/uploads/2015/11/healthy-foods-for-mother.jpg

1. Sarapan

Pilihan pertama, kamu bisa menyiapkan sereal dengan susu semi-skim dan ditutup dengan buah-buahan segar. Irisan pisang yang ditambahkan dalam sereal merupakan makanan pasca melahirkan yang disarankan. Jika tidak terlalu terbiasa sarapan dengan sereal, kamu bisa mencoba pilihan kedua, yaitu semangkuk buah-buahan segar yang disajikan dengan segelas yogurt alami. Atau, kamu bisa mencoba pilihan ketiga, yaitu roti gandum yang diolesi selai atau margarin rendah lemak, lalu dibakar.

2. Brunch

Jika merasa lapar sekitar pukul sebelas siang, kamu bisa mencoba menu diet berikut ini. Kamu bisa memilih antara semangkuk pisang, semangkuk buah, sereal yang sudah diolah menjadi camilan siap makan, atau kue berbahan dasar tepung beras. Kacang dan kismis juga bisa menjadi camilan yang sehat di waktu antara pagi dan siang ini.

3. Makan Siang

Untuk menu makan siang, pilihan pertama adalah semangkuk sup dengan selembar roti gandum tanpa olesan. Pilihan kedua, kamu bisa mencoba memasak semangkuk pasta dengan sayuran dan ayam atau ikan, serta saus tomat . Ingat, jangan gunakan krim, susu kaya lemak, atau mentega dalam saus ini. Pilihan ketiga adalah roti gandum lapis yang sudah diolesi margarin. Kamu bisa mengisinya dengan selada dan tuna atau keju rendah lemak. Pilihan terakhir adalah salad sayuran segar dan saus rendah kalori.

4. Camilan Sore Hari

Di sore hari, ada beberapa opsi makanan diet pasca melahirkan yang baik untuk kamu coba. Kamu bisa memilih antara buah segar, sereal, biskuit, atau kue buatan sendiri yang berbahan dasar tepung beras. Kamu juga bisa menambahkan selai kacang pada kue tersebut untuk menambah nafsu makan.

5. Makan Malam

Menu makan malam bisa kamu isi dengan pasta atau kentang panggang dengan olahan ayam atau ikan dan sayuran. Kedua, kamu juga bisa menghidangkan nasi dengan ayam, ikan, seafood, atau telur yang diolah sesuai selera. Sebagai makanan pencuci mulut, buah-buahan bisa menjadi pilihan yang tepat. Buah-buahan tersebut bisa kamu olah dengan cara direbus, dipanggang, atau dibakar, dengan taburan gula atau sedikit siraman yogurt.

6. Susu untuk Ibu yang Aman Bagi Diet

Sebagian ibu mungkin bertanya-tanya tentang pentingnya mengonsumsi susu setelah proses persalinan. Ada dari mereka yang tidak ingin minum susu karena takut berat badan semakin naik. Nah, tahukah kamu, sebenarnya susu sangat dibutuhkan kaum ibu, terutama jika sedang menyusui. Jika kamu mencari susu yang aman untuk diet, kamu bisa mencoba Prenagen Lactamom yang tersedia dalam varian rasa cokelat, vanila, dan moka ini. Selain kaya zat besi dan kalsium, susu ini rendah lemak sehingga aman untuk dikonsumsi.
source: http://www.kalbestore.com/content/product/201640250230_LACTAMOM-Coklat-200-kanan.jpg
Nah, itulah menu makan sehat yang bisa kamu coba setelah proses persalinan. Kamu bisa mengombinasikan pilihan-pilihan menu di atas agar tidak bosan. Yang perlu kamu ingat, selalu gunakan bahan makanan rendah lemak agar memberikan efek yang baik untuk tubuh. Dengan pola makan yang seimbang dan teratur, kamu akan mendapatkan kembali bentuk dan ukuran tubuh yang ideal seperti semula.