Membersihkan Wajah is a Must!

Hai Beautynesian! Momen yang paling aku tunggu-tunggu dalam 24 jam adalah membersihkan wajah. Setelah beraktivitas, aku seperti merasakan kepuasan lahir batin ketika membersihkan wajah. Saat membersihkan wajah, otomatis akan ada sentuhan di wajah serta pijatan lembut yang bisa membuat wajah bersih, kenyal, dan segar. Momen ini, enggak akan rela kalau harus aku lewatkan. Wajah cantik tidak hanya didapat dari perawatan di klinik atau salon kecantikan. Namun dari diri sendiri yang rutin menjaga kebersihan wajah.
source: http://www.obsesi.net/2015/12/29/tips-cegah-penuaan-dini-pada-wajah/
Bagi aku yang sering punya kegiatan di luar rumah dan menggunakan makeup, membersihkan wajah itu wajib hukumnya. Selain itu aku juga bukan tipe orang yang bisa tidur dengan wajah "berat" alias dengan makeup. Ini bisa membuat komedo muncul jika pori-pori tersumbat. Nah, salah satu skincare produk yang membuat aku tergila-gila adalah cleansing oil. Skincare yang satu ini wajib aku gunakan untuk sehari-hari, baik dalam keadaan wajah bermakeup atau tidak sama sekali.

Apa itu Cleansing Oil?

Cleansing oil merupakan permbersih wajah berbahan minyak yang dapat digunakan untuk menghapus makeup atau membersihkan wajah sehari hari. Biasanya aku menggunakan cleansing oil di malam hari sebelum mandi atau cuci muka terakhir sebelum "bobocan" (bobo cantik).
source: http://www.buzzfeed.com/alisoncaporimo/oil-cleansing#.kvj97g5my
Pada prinsipnya cleansing oil menggunakan "good oil" untuk melarutkan "bad oil" (minyak kotoran) yang ada di wajah kita. Bad oil ini muncul karena adanya penumpukan sebum di pori-pori wajah akibat penggunaan kosmetik, debu dari udara, konsumsi banyak makanan yang berminyak, dan lain-lain. Karena bad oil sulit untuk larut alias hilang dari wajah, maka dibuatlah good oi yang mampu "mengikat" bad oil sehingga mudah luruh saat kita membersihkan wajah.

Kandungan Dalam Cleansing Oil?

Menurut beberapa sumber yang aku pelajari, kandungan cleansing oil bervariatif, mungkin tergantung jenis brand yang mengeluarkan produknya. Namun secara garis besar, cleansing oil mengandung beberapa bahan aktif yang memang khusus untuk mengatasi masalah wajah sepeti kulit kering, kulit kusam, komedo bahkan hingga ke formula antiaging.
Cleansing oil juga biasanya memiliki campuran kandungan dari botanical oil (minyak botani) seperti olive, sesame, sunflower, safflower, almond dan ekstrak (greentea atau jasmine) dan vitamin (vitamin C & E).
source: http://www.popsugar.com/beauty/How-Use-Olive-Oil-Hair-Skin-2647668
Berdasarkan komponennya, cleansing oil dapat dikatakan cukup aman untuk berbagai macam tipe kulit, sebagai contoh untuk kulitku yang berminyak dan mudah sekali berjerawat, cleasing oil ini bercampur dengan minyak kotor di wajah lalu mengangkat sebum yang tertinggal dengan baik. Untuk kulit kering, cleansing oil juga berfungsi untuk melembabkan kulit, karena fungsinya tidak membuat minyak alami terangkat, namun menyeimbangkan pH kulit tersebut. Jika kulit kamu sensitif, cleasing oil juga dapat mengangkat kotoran tanpa membuat kulit iritasi. Sedangkan untuk kulit kombinasi, produk ini bisa untuk membersihkan sekaligus melembabkan kulit.

Biore Makeup Remover Cleansing Oil

source: http://amandasantiago.com/produtos-para-tirar-maquiagem-facilmente/
Produk ini merupakan holy grail-nya aku banget! Enggak akan ada malam yang terlewati tanpa produk yang satu ini. Awal aku beli biore ini sekitar 6 bulan lalu, awalnya aku enggak rutin pakainya karena jujur aku sering banget beli bermacam-macam remover, khususnya yang konsistensinya "water". Pada awalnya aku pakai seminggu sekali, untuk jadi ritual mingguan saja. Namun saat aku pakai seminggu penuh berturut-turut, oh my God! Benar benar ada perubahan significant di kulitku.
Biore makeup remover cleansing oil ini merupakan my first trial untuk cleansing oil. Awalnya aku underestimate banget dengan produk ini karena aku pikir, "kulit wajah berminyak kok ketemu minyak, nanti bisa jadi juragan minyak dong". Tapi ternyata aku salah dan kecanduan banget sama produk ini sekarang.
Berdasarkan packaging-nya, bentuknya ya sama seperti botol-botol lain. Produk Biore ini terbuat dari plastik dan aman di bawah, selain itu kemasannya juga cute dengan warna pink dan logo brand berbentuk love yang menempel di kemasannya. Kamu yang suka produk-produk dengan kemasan lucu, Biore yang satu ini cukup eye catching dan selalu menggoda hasrat aku untuk selalu beli produk yang satu ini. Untuk konsistensi oilnya kalau menurut aku lebih cair dan tidak kental dibandingkan minyak zaitun atau baby oil. Dan wangi oilnya seger banget seperti aroma buah, jadi kamu wajib coba, ya!
source: http://www.thaigrocerystore.com/index.php?route=product/product&product_id=89
Aku cukup menggunakan 2-3 pump untuk setiap proses pembersihan wajah, lalu aku pijat-pijat wajahku sembari menggunakan oil ini. Setelah aku rasa cukup, aku bilas dengan menggunakan air biasa. Saat dibilas, sisa oil luruh menjadi warna putih. Setelah bersih lalu keringkan dengan lembut. Kalau sudah, lanjutkan dengan double cleansing mencuci muka dengan cleaser yang biasa kamu pakai. Tujuannya untuk memastikan wajah benar-benar bersih dari kotoran dan makeup.
Biore Cleansing Oil ini memberikan klaim bahwa produk mereka tidak meninggalkan rasa berminyak atau lengket, tidak menyumbat pori pori kulit, lembut bagi kulit, dan aroma buah yang menyegarkan. Aku setuju dengan klaim mereka, karena kebetulan produk ini cocok sama kulitku.
source: http://bodywellnesssg.com/wp-content/uploads/2015/09/combination-skin-landscape.jpg
Isi kandungan dari produk ini adalah mineral oil, PEG-12 laurate, isododecane, water (aqua), Isopropyl palmitate, dan lain lain. Harga dari biore cleansing oil ini dibanderol kurang lebih sekitar Rp90 ribu-Rp100 ribu. Kamu bisa menemukan produk ini di Watson dan Guardian terdekat. Perlu diperhatikan apabila memakai produk ini wajah terasa panas terbakar maka segera hentikan, karena pada dasarnya tingkat sensitif kulit individu berbeda.
Selamat mencoba Beautynesian! Ingat untuk sharing pengalamanmu lebih lanjut ya, seperti kata Michelle Phan "Sharing is Caring".
Best love,
Melisa Malik.