Egg benedict merupakan menu sarapan yang sangat popular di Amerika. Hidangan ini terdiri dari English muffin, telur rebus, beberapa potong daging (beef bacon) dan saus Hollandaise. Untuk membuat menu yang satu ini, ada beberapa langkah persiapan yang perlu kamu lakukan.

English Muffin


Salah satu bahan utama di dalam hidangan ini adalah English muffin, yang menjadikan hidangan ini memiliki ciri khas tesendiri. Muffin yang satu ini mungkin berbeda dengan muffin yang biasa kamu temui, karena English muffin ini lebih menyerupai roti yang berbentuk bulat pipih. Jika kamu kesulitan untuk menemui English muffin, kamu bisa membuatnya sendiri dengan cara berikut.
Bahan (untuk 13 buah):
325 ml susu cair
1/2 sdm ragi instan
1 sdt gula pasir
450 gram tepung terigu protein sedang
30 gram mentega tawar
1/2 sdt garam
Cara Membuat:
1. Rebus susu cair hingga hangat lalu tambahkan ragi instan dan gula. Diamkan hingga 15 menit sampai berbusa lalu sisihkan.
2. Campur tepung terigu dengan ragi instan lalu uleni hingga kalis. Tambahkan mentega tawar dan garam, uleni adonan kembali hingga elastis.
3. Diamkan selama 30 menit hingga adonan mengembang. Timbang adonan masing-masing 60 gram lalu bentuk bulat pipih.
4. Panggang adonan English muffin di atas wajan anti lengket yang sudah dioles mentega tawar hingga mengembang dan berwarna kecokelatan. Balik dan masak kembali hingga matang.

Saus Hollandaise


Saus yang satu ini merupakan salah satu dari lima saus utama dalam kuliner klasik Perancis. Di dalam hidangan egg benedict, saus ini merupakan bagian inti. Cara membuatnya pun tidak terlalu rumit, berikut bahan yang kamu perlukan.
Bahan:
2 kuning telur
1/2 sdt cuka
200 gram mentega tawar, lelehkan
1/2 sdt air jeruk lemon
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
Cara Membuat
1. Panaskan air di dalam panci dan biarkan mendidih. Kecilkan api hingga buih menghilang, lalu letakkan bowl stainless di atas air yang telah direbus tersebut. Masukkan kuning telur dan cuka, kocok dengan menggunakan whisk hingga mengembang.
2. Masukkan garam dan merica bubuk, aduk higga rata, sisihkan.

Poached Egg


Salah satu hal yang membuat hidangan ini istimewa adalah poached egg, yaitu telur yang direbus tanpa kulitnya. Ada teknik yang perlu kamu perhatikan agar kamu berhasil membuat poached egg yang sempurna.
Cara Membuat
1. Panaskan air, biarkan panas namun tidak sampai mendidih.
2. Tambahkan 2 sdt cuka lalu tuang 1 butir telur sambil diaduk berputar secara perlahan.
3. Biarkan hingga putih telur matang, angkat lalu tiriskan.

Plating!


Setelah semua bahan inti siap, tata semua bahan di atas piring. Taruh beberapa potong beef bacon di atas English muffin yang sudah dibelah menjadi dua. Lalu letakkan poached egg diatas beef bacon, dan untuk sentuhan terakhir, tuangkan saus Hollandaise. Selamat menikmati!