Secara ilmiah, rempah-rempah terbukti banyak mengandung suplemen alami yang diperlukan wanita pasca melahirkan. Tentu saja, kebanyakan wanita tidak terbiasa mengonsumsi rempah-rempah secara langsung. Nah, cara termudah untuk mengonsumsi rempah-rempah adalah dengan mengolahnya menjadi teh herbal. Yuk, simak 5 teh herbal yang bisa dijadikan makanan pasca melahirkan terbaik untuk ibu berikut ini.
source: http://www.herbalteasonline.com/wp-content/uploads/2015/10/Chamomile-Tea.jpg

1. Teh Kamomil

Teh kamomil mengandung unsur relaksan, sehingga bisa memberikan efek rileks untuk tubuh. Teh ini merupakan makanan pasca melahirkan yang efektif untuk menghilangkan stres dan depresi ringan. Kamu bisa mengonsumsinya sebelum tidur untuk mendapatkan manfaat dari kandungan alami kamomil. Dengan mengonsumsinya secara berkala, rasa stres dan depresi ringan pun akan berangsur-angsur menghilang.

2. Teh Pepermin

Teh ini sangat baik untuk dikonsumsi jika kamu sedang mendapat masalah pencernaan. Selain baik untuk dikonsumsi ibu yang menyusui, manfaat rempah ini pun bisa didapatkan bayi melalui ASI. Jika si bayi sedang masuk angin, ibu bisa meminum teh pepermin sebelum menyusui. Dengan begitu, bayi akan mendapatkan nutrisi yang terkandung dalam pepermin melalui susu yang diisapnya.

3. Teh Biji Seledri & Teh Jelatang

Untuk memperlancar aliran susu, teh biji seledri dan teh jelatang merupakan pilihan tepat untuk dikonsumsi. Jelatang sendiri memiliki kandungan tonik yang baik untuk ibu menyusui. Unsur tersebut akan meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh, sehingga dapat memperbanyak ASI. Selain dapat diminum dalam bentuk teh, jelatang juga bisa dikonsumsi secara langsung (dimakan mentah-mentah).

4. Teh Lemon

Selain rasanya yang enak dan segar, teh herbal yang satu ini rupanya memiliki manfaat yang sangat penting untuk tubuh. Meminumnya secara berkala dapat mengurangi rasa lelah dan memulihkan tubuh setelah persalinan. Teh ini juga bisa kamu campur dengan satu sendok teh madu untuk mendapatkan hasil yang lebih signifikan terhadap kondisi tubuh.

5. Teh Daun Raspberry

Teh herbal daun raspberry memiliki manfaat yang besar untuk rahim. Selama tiga bulan terakhir masa kehamilan, para ibu disarankan untuk mengonsumsi teh ini untuk memperkuat rahim. Pasca melahirkan, para ibu juga masih bisa mengonsumsi teh ini karena berfungsi mengembalikan kekencangan rahim. Kamu bisa mendapatkan teh ini di toko teh herbal, apotek, ataupun di supermarket.

6. Teh Raspberry

Kalau kamu tidak punya banyak waktu untuk mengolah sendiri teh herbal dari rempah-rempah, kamu bisa mencoba teh siap minum ini. Lipton Raspberry Liquid Iced Tea Mix ini memiliki rasa yang unik karena terbuat dari daun teh pilihan, raspberry, serta tambahan madu. Untuk membuat rasanya semakin nikmat, kamu bisa menyimpannya di dalam lemari es.
source: http://www.liptontea.com/Images/615/615-946963-NEW_US_LPT_Raspberry_300x300.png
Nah, itulah 5 teh herbal yang wajib kamu coba setelah proses persalinan. Namun sebelum mengonsumsinya, sebaiknya konsultasikan pada dokter terlebih dahulu.