Mungkin sudah banyak yang mengetahui bahwa cat kuku sebenarnya mengandung bahan kimia yang berbahaya. Ada pula yang menganggap karena terbatasnya kontak secara langsung dengan cat kuku, penggunaan cat kuku tidak terlalu berisiko.
source: http://weheartit.com/entry/221554708/search?context_type=search&context_user=comfysuits&query=nail+polish
Namun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kita dapat menyerap setidaknya satu bahan kimia yang berpotensi untuk mengganggu hormon setiap kali menggunakan cat kuku. Meskipun dampak dari bahan kimia ini terhadap kesehatan masih belum jelas, hal yang cukup mengkhawatirkan adalah bahwa tubuh kita dapat menyerap bahan-bahan kimia melalui cat kuku.
Selain menghindari risiko penyerapa. bahan kimia, ada beberapa keuntungan yang dapat dirasakan secara langsung dengan mengurangi atau bahkan menghentikan penggunaan cat kuku sama sekali.

Kuku Menjadi Jauh Lebih Kuat

Serupa dengan rambut, kuku terbuat dari lapisan keratin. Meskipun kuku tidak benar-benar butuh untuk bernapas, bahan pelarut keras yang terdapat pada nail polish remover dapat membuat kuku dan kutikula sekitarnya kering. Kuku yang sering terpapar nail polish ataupun nail polish remover lebih rentan untuk rapuh dan mudah terkelupas.
source: http://www.rodalesorganiclife.com/wellbeing/6-great-things-happen-when-you-stop-using-nail-polish

Warna Kuku Menjadi Lebih Bersih & Sehat

Penggunaan cat kuku secara terus-menerus memiliki kecenderungan untuk meninggalkan warna sedikit kekuningan pada kuku. Warna kuning ini akan tampak setelah cat kuku dibersihkan. Sama halnya dengan mengurangi asupan kopi untuk mendapatkan gigi yang lebih putih, mengurangi penggunaan cat kuku akan memberikan kuku waktu untuk kembali ke warna alami mereka.

Kuku Bebas Bercak Putih Kasar

Jika kamu menggunakan cat kuku dalam kurun waktu yang cukup lama, biasanya akan timbul granulasi keratin yang membuat timbulnya bercak putih pada permukaan kuku dan terasa kasar. Penggunaan nail polish dan nail polish remover yang terlalu banyak dapat mengikis lapisan permukaan kuku, sehingga membuatnya terasa kasar. Menjaga kuku agar tetap bersih dan bebas dari cat kuku dapat membantu menghilangkan bercak putih yang kasar pada permukaan kuku.
source: http://www.goodhousekeeping.com/beauty/nails/tips/a12807/strong-healthy-nails-aug05/

Mengetahui Kondisi Kesehatan Lebih Akurat

Kondisi kuku dapat mencermikan kesehatan tubuh. Perubahan yang terjadi pada kuku seperti adanya perubahan warna, penebalan, atau perubahan bentuk kuku dapat menjadi tanda adanya penyakit rheumtoid arthritis, psoriasis, masalah liver, penyakit jantung, ataupun kekurangan vitamin. Kuku yang terbebas dari nail polish dapat memberikan isyarat yang jelas pada dokter ataupun diri sendiri mengenai kondisi kesehatan yang sebenarnya.