Mengapa Berjalan Kaki Itu Baik?

Menetapkan target untuk menjalankan 10.000 langkah per hari bisa menjadi salah satu cara yang menyenangkan untuk meningkatkan aktivitas fisik. Cara ini juga bisa kamu anggap sebagai salah satu bentuk exercise, karena berjalan kaki dapat membantu membangun stamina, membakar kelebihan kalori, dan menjaga agar jantung tetap sehat.
source: http://weheartit.com/entry/17894816/search?context_type=search&context_user=loveenvy&page=6&query=strolling
Berjalan kaki merupakan salah satu bentuk olahraga yang dapat dimasukkan dalam rutinitas harian tanpa harus mengganggu aktivitas lainnya, karena dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Berjalan kaki digolongkan sebagai aktivitas dengan intensitas sedang dan dapat dihitung sebagai kegiatan olahraga yang dianjurkan untuk dilakukan setidaknya selama 150 menit per minggu. Dengan menerapkan target 10.000 langkah per hari, mungkin kamu akan melakukannya lebih dari 150 menit. Para peneliti mengatakan bahwa semakin banyak aktivitas yang dilakukan maka semakin baik, karena aktivitas tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bentuk olahraga.

Menentukan Seberapa Banyak Langkah yang Dilakukan Per Hari

Sebelum memulai gerakan 10.000 langkah per hari, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui seberapa banyak langkah yang biasa kamu lakukan setiap harinya. Rata-rata jumlah langkah yang dilakukan biasanya sekitar 3.000 hingga 4.000 langkah per hari. Namun, angka ini bisa saja sangat berbeda tergantung pada seberapa banyak aktivitas yang kamu lakukan. Untuk mengetahui jumlah langkah yang kamu lakukan per harinya dengan tepat, kamu bisa menggunakan pedometer.
source: http://www.amazon.es/Sportline-345-Pod%C3%B3metro-distancia-calor%C3%ADas/dp/B000EG6CD4
Pedometer biasanya digunakan dengan cara disematkan di bagian pinggang dan alat ini akan menghitung secara otomatis jumlah langkah yang kamu lakukan setiap harinya. Gunakan pedometer selama kurang lebih 3 hari untuk mengukur kadar aktivitas yang biasa kamu lakukan. Pada tahap ini lakukan kegiatan seperti normal agar dapat mengetahui seberapa banyak langkah yang harus ditambah jika masih kurang dari target 10.000 langkah.

Berapa Banyak Kalori yang Terbakar Dengan 10.000 Langkah?

American Council on Exercise memperkirakan bahwa mereka yang menjalani gerakan 10.000 langkah per hari mampu membakar hingga 3.500 kalori per minggu. Ketika kamu membakar 3.500 kalori lebih dari yang dikonsumsi, maka lemak tubuh juga akan ikut berkurang. Namun, asupan makanan juga perlu diperhatikan agar program penurunan berat badan dengan metode berjalan kaki ini efektif. Fokuskan pada makanan rendah kalori dan kaya nutrisi agar tubuh mampu berjalan lebih banyak tanpa menambah kadar kalori yang masuk dalam tubuh.

Menerapkan Gerakan 10.000 Langkah Per Hari

Jika jumlah rata-rata langkah yang kamu lakukan per hari sebanyak 6.000 langkah atau kurang, usahakan untuk mencapai target 10.000 langkah per hari. Sedangkan jika jumlah langkah yang kamu lakukan dalam sehari mencapai 6.000 langkah atau lebih, cobalah untuk tambahkan 5.000 langkah per hari.
source: http://www.theguardian.com/careers/stay-active-office-top-tips
Berikut merupakan contoh cara menambahkan 5.000 langkah per hari dengan asumsi jumlah langkah yang biasa ditempuh sebanyak 4.000 langkah.
Pagi
Mulailah hari dengan berjalan mengelilingi sekitar rumah kira-kira sekitar 5 menit. Atau kamu juga bisa berjalan berkeliling sebentar di area kantor sebelum jam masuk.
Total: 500 langkah.
Pagi Menjelang Siang
Berjalan di sekitar area kantor selama kurang lebih 10 menit dengan kecepatan santai namun tidak lambat.
Total: 1.000 langkah.
Istirahat Makan Siang
Segarkan pikiran dengan berjalan setidaknya selama 20 menit sebelum makan siang. Awali dengan 5 menit jalan santai (500 langkah), lalu jalan dengan kecepatan seolah-olah kamu terlambat selama 10 menit (1.350 langkah), kemudian akhiri dengan jalan santai selama 5 menit (500 langkah).
Total: 2.350.
Siang Menuju Sore
Berjalan santai menyusuri lorong atau di sekitar rumah selama 5 menit sambil memikirkan to-do-list yang akan dilakukan hingga penghujung hari.
Total: 500 langkah.
Malam
Jika biasanya kamu bersantai setelah makan malam, gantilah dengan kegiatan berjalan menyusuri area sekitar rumah kurang lebih selama 15 menit dengan kecepatan normal.
Total: 1.700 langkah.
Total keseluruhan meliputi aktivitas yang biasa dilakukan sehari-hari: 10.050 langkah.
Kamu juga bisa memulai gerakan 10.000 langkah dengan mengubah kebiasaan sedikit demi sedikit setiap harinya. Misalkan, ganti kebiasaan menggunakan lift dengan tangga atau pilih jalan kaki daripada menggunakan kendaraan untuk pergi ke tempat yang mudah dijangkau. Selamat mencoba!