1. Gunakan Produk Sample Lebih Dulu

Tergiur ingin membeli produk makeup maupun skincare keluaran terbaru memang tidak ada salahnya. Namun seringkali para wanita membeli produk makeup dalam ukuran besar tanpa mencobanya lebih dulu. Akhirnya saat menggunakan produk itu, barulah kita menyadari bahwa produk tersebut kurang cocok dengan jenis dan warna kulit kita.
source: http://livinginanotherlanguage.com/korean-beauty-products/
Do: Kalau kamu tertarik membeli produk makeup maupun skincare terbaru, gunakan lebih dulu produk ukuran sample untuk mengetahui apakah produk tersebut cocok dengan kulitmu. Banyak produk makeup dalam kemasan sample yang dijual maupun diberikan gratis. Jika tidak ada reaksi alergi dan puas dengan hasilnya, barulah kamu bisa membeli produk tersebut dalam ukuran besar. Hal ini berguna untuk mencegahmu membeli produk yang tidak sesuai dengan ekspektasi.

Don't: Jangan menyimpan sisa produk sample untuk digunakan lebih dari 1 kali. Produk sample umumnya dikemas dengan kemasan sekali pakai dan gunakan isi produk hingga habis sesuai dengan instruksi.

2. Beli Produk Makeup All-in-One

Sekarang, banyak produk makeup yang memiliki berbagai macam fungsi. Selain dapat menghemat tempat, manfaat produk all-in-one pun banyak dan bisa digunakan untuk berbagai macam kemungkinan. Coba lihat apakah merek favoritmu memiliki produk seperti ini. Perhatikan pula produk makeup apa saja yang kamu gunakan dalam jumlah sedikit dan masih tersisa banyak.
source: https://www.tokopedia.com/kpopbeauty/etude-house-play-101-pencil
Do: Kalau kamu merasa blush on yang kamu miliki tak kunjung berkurang, cobalah membeli produk lip & blush cream yang juga bisa digunakan sebagai lipstick. Kalau jarang memakai bronzer atau highlight, sebaiknya gunakan eyeshadow berwarna serupa yang juga bisa digunakan sebagai bronzer dan highlight.

Don't: Hindari membeli jenis produk makeup yang hanya memiliki 1 fungsi terbatas. Selain berat di kantong, kamu akan merasa kesulitan saat perlu membawa peralatan makeup untuk menghadiri acara tertentu di luar kota. Lebih baik bawa produk yang praktis dibawa dan multifungsi.

3. Beli Lewat Online Shop

Membeli produk makeup langsung pada counter resmi memang memiliki keuntungan tersendiri, seperti tambahan poin untuk member khusus dan informasi terbaru seputar produk terbaru. Namun bukan rahasia lagi jika produk makeup yang dibeli online bisa jadi memiliki harga yang lebih murah dibandingkan harga counter. Sebelum memutuskan untuk membeli produk makeup, coba bandingkan harganya di online shop langgananmu dan counter resminya.
source: https://www.instagram.com/bargainsbeauty_
Do: Bandingkan harga produk makeup yang kamu inginkan baik di counter resmi maupun online shop langgananmu. Kamu juga bisa memanfaatkan sistem preorder saat membeli makeup di online shop dan memesan produk yang diproduksi dalam kurun waktu 6 bulan terakhir agar lebih tahan lama.

Don't: Jangan langsung membeli produk diskon dari online shop tanpa menanyakan detilnya. Biasanya produk-produk makeup yang mendekati masa kadaluarsa akan dijual dengan harga diskon. Jadi kamu harus mengetahui dengan detil harga agar bisa memilik produk yang tepat, ya.

4. Coba Produk Sebelum Membeli

Tidak bisa mencoba langsung sebelum membeli adalah kekurangan membeli produk makeup secara online. Namun jika kamu akan membeli produk baru yang belum pernah dipakai, pastikan kamu mencobanya lebih dulu. Kamu bisa mencoba di counter resminya, lalu membeli produknya secara online jika dirasa memuaskan.
source: https://www.qcmakeupacademy.com/2016/01/continuing-education-for-makeup-artists-is-it-worth-it/
Do: Mencoba produk makeup adalah wajib hukumnya terutama saat membeli foundation, concealer, maupun produk-produk lain yang membutuhkan kejelian saat memilih shade. Kesalahan dalam memilih shade dapat berakibat fatal karena dapat membuat wajahmu terlihat lebih gelap maupun pucat. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mencoba lebih dulu produk-produk yang akan kamu beli.

Don't: Jangan terburu-buru saat mencoba produk makeup yang membutuhkan penyesuaian waktu. Produk seperti foundation dan BB cream akan berubah menyesuaikan warna kulit setelah beberapa saat. Hindari pula mencoba BB cream yang kamu inginkan hanya pada punggung tangan karena warna yang dihasilkan bisa berbeda saat digunakan pada wajahmu. Lebih baik teliti sebelum membeli.

5. Melirik Merek Lain yang Kompetitif

Produk mahal tak selalu bagus kualitasnya. Begitu juga dengan produk yang lebih murah, belum tentu kualitasnya buruk. Jika selama ini kamu selalu menggunakan produk makeup dari merek-merek high end, cobalah sekali-sekali melirik merek lain yang lebih murah namun tak kalah bagus. Salah satu trik memangkas pengeluaran untuk membeli makeup adalah pintar memilih produk dan merek yang digunakan.
source: https://www.blogger.com/blogin.g?blogspotURL=http://one-englishservice.blogspot.co.id/2015/09/cheap-human-hair-lace-wigs.html
Do: Kamu tak perlu membeli semua perlengkapan produk makeup dari merek high end favoritmu. Untuk produk yang cepat habis seperti eyeliner dan mascara, cobalah membelinya dari merek yang lebih murah namun berkualitas bagus. Carilah info sebanyak-banyaknya mengenai perbandingan produk makeup merek tertentu. Siapa tahu kamu menemukan lipstick dengan warna dan kualitas yang sama dengan merek favoritmu namun dengan harga yang lebih murah dari merek lain.

Don't: Terlalu terpaku pada suatu merek dan produk tertentu bisa merugikanmu. Setiap tahun, ada banyak sekali produk makeup keluaran baru dengan inovasi yang menakjubkan. Jangan membeli produk yang sama setiap kali membeli produk makeup dan pelajari mengenai produk-produk serupa dengan manfaat yang lebih.

6. Tentukan Produk yang Diperlukan

Banyaknya jumlah produk makeup yang dikeluarkan sering membuat kita berpikir harus memiliki semuanya, padahal belum tentu kita membutuhkannya. Coba lihat peralatan makeup yang kamu miliki dan pisahkan menurut tingkat kebutuhannya. Apakah kamu benar-benar memerlukan primer? Bagaimana dengan lip concealer, finishing powder, dan facial mist? Coba pikir baik-baik apakah penampilan kamu masih tetap terlihat sama tanpa menggunakan produk-produk tersebut?
source: http://www.dailymail.co.uk/news/article-2181468/Big-beauty-brands-dropping-cruelty-free-animal-testing-policies-sell-products-China.html
Do: Jika kamu memiliki bulu mata yang lentik, cukup gunakan mascara tanpa perlu menggunakan bulu mata palsu setelahnya. Pelajari kekurangan dan kelebihan wajahmu dan pandai-pandailah memilah produk makeup yang lebih kamu butuhkan dan kurang dibutuhkan. Dengan mengurangi jumlah produk makeup yang digunakan sehari-hari, akan terlihat perbedaan yang signifikan dalam pengeluaranmu.

Don't: Fitur wajah setiap orang berbeda-beda, sehingga jangan membanding-bandingkan jumlah dan jenis produk makeup yang kamu gunakan dengan milik orang lain. Bisa jadi, temanmu memiliki jenis kulit berminyak sehingga membutuhkan beberapa produk lebih banyak dari yang biasa kamu gunakan. Kebutuhan produk kecantikan setiap orang berbeda-beda, lebih baik beli produk makeup dan skincare sesuai kebutuhan kulitmu.

7. Gunakan Seperlunya

Tahukah kamu? Cukup satu lapisan mascara dan satu kali usapan blush agar wajah cantikmu akan bertahan lama. Gunakan produk makeup secara wajar tanpa perlu mengoleskannya berkali-kali. Dengan begini produk juga akan bertahan lebih lama dan lebih awet sehingga tidak perlu membeli setiap beberapa bulan.
source: http://www.makeup-pixi3.com/2015/03/gosh-no-limits-mascara.html
Do: Beautynesian perlu menentukan kapan dan di mana saat yang tepat untuk menggunakan makeup. Pakailah makeup di saat-saat tertentu dan buat kesan yang berbeda pada momen spesial, misalnya hanya di akhir pekan saja untuk menghemat penggunaan produk makeup.

Don't: Memakai makeup tebal setiap hari? Tidak ada salahnya. Namun selain membutuhkan waktu lebih lama, budget yang kamu keluarkan untuk membeli produk makeup tentu akan bertambah. Jika pekerjaanmu mengharuskanmu untuk berdandan, cukup gunakan makeup secara minimal agar penampilanmu terlihat fresh dan tidak kusam.