Maka dari itu, kini banyak produk kesehatan dan kecantikan yang menggunakan madu sebagai bahan utamanya. Kamu juga bisa memanfaatkan madu alami untuk perawatan sehari-hari, lho!
1. Melembabkan Kulit Madu adalah pelembab alami. Madu dapat menarik uap air dari udara untuk masuk ke dalam kulit dan menguncinya. Sehingga, kulit kita akan cukup terhidrasi. Caranya: oleskan satu sendok teh raw honey (madu mentah) pada kulit yang bersih dan kering. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat.
2. Membersihkan Pori-Pori Enzim pada raw honey bisa membantu untuk membersihkan pori-pori. Selain itu, sifat antibakteri yang terkadung dalam madu dan jojoba/minyak kelapa juga mencegah untuk perkembangan bakteri yang bisa merusak kulit. Caranya: campur satu sendok makan raw honey dengan dua sendok makan jojoba oil atau minyak kelapa, hingga rata. Oleskan pada kulit yang bersih dan kering, lalu pijat lembut dengan gerakan melingkar. Hindari daerah mata, dan bilas dengan air hangat.
3. Menghilangkan Sel Kulit Mati Madu banyak mengandung antioksidan, enzim, serta nutrisi lain yang dapat membersihkan dan melembabkan kulit. Sedangkan baking soda, adalah exfoliator alami yang dapat meluruhkan sel kulit mati, serta memberi kesempatan bagi sel baru untuk tumbuh. Caranya: campur dua sendok makan madu dengan satu sendok teh baking soda. Percikkan air ke kulit kamu, dan gosok ramuan tersebut dengan lembut pada kulit dengan gerakan memutar. Bilas hingga bersih.
4. Memudarkan Bekas Luka Madu dipercaya bisa mencerahkan kulit. Sedangkan kandungan antiradang dan antibakterinya dapat membantu mengurangi bekas luka, dan mempercepat penyembuhan serta pertumbuhan jaringan baru. Begitu pula dengan minyak kelapa dan minyak zaitun yang juga membantu menghidupkan kembali sel-sel kulit mati. Pijatan lembut akan meningkatkan sirkulasi darah sehingga membantu pemulihan kulit dan pergantian sel. Caranya: campur satu sendok teh raw honey dengan satu sendok teh minyak kelapa atau zaitun. Usapkan pada daerah yang dibutuhkan, dan pijat dengan ujung jari dengan gerakan memutar selama dua menit. Taruh handuk yang sudah direndam dengan air hangat di atas kulit, dan biarkan hingga dingin. Lakukan kegiatan ini secara rutin setiap hari.
5. Mengobati Jerawat Kandungan antibakteri dan antijamur pada madu bisa membantu untuk melawan bakteri yang bisa menyebabkan jerawat. Sedangkan sifat antiradangnya bisa meredakan kemerahan dan iritasi kulit karena jerawat. Caranya: usapkan satu tetes raw honey ke daerah kulit yang berjerawat, dan biarkan selama 10-15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.
6. Menghaluskan Tubuh Tak hanya memberikan kelembaban, madu juga bermanfaat untuk menghaluskan, memperbaiki kulit rusak, dan mencegahnya dari bahaya polusi. Caranya: campurkan dua sendok makan penuh raw honey dengan satu gelas air hangat, aduk hingga tercampur rata. Campurkan air madu ini dengan air untuk membilas tubuh saat mandi.
7. Melembutkan Kutikel Raw honey mengandung lebih banyak nutrisi ketimbang madu yang sudah diolah. Enzim yang terkandung pada raw honey memberikan kelembutan dan kelembaban bagi kulit. Sedangkan keasaman pada cuka apel (apple cider vinegar) dapat melembutkan kulit yang kasar serta menyeimbangkan pH untuk pertumbuhan kulit yang sehat. Caranya: campurkan madu, cuka apel, dan minyak kelapa masing-masing sebanyak satu sendok teh. Usapkan di sekitar jari serta kuku tangan dan kaki, diamkan sekitar 5-10 menit, lalu bilas.
8. Melembutkan Rambut Madu dapat berfungsi sebagai kondisioner alami, yang dapat mengatasi rambut kusam. Sedangkan minyak kelapa dapat meresap ke batang rambut, menghaluskan kutikula, dan menjadikan rambut lebih berkilau. Caranya: campur satu sendok makan raw honey dengan dua sendok makan minyak kelapa. Usapkan pada dua per tiga bagian rambut yang basah, dari tengah hingga ke ujung rambut. Biarkan 20 menit lalu bilas.
9. Menyehatkan Rambut Madu bisa mempertahankan kelembaban rambut yang sering kali hilang akibat proses penataan. Tak hanya itu, madu juga bisa menguatkan batang rambut dan membuatnya tumbuh sehat dan subur. Caranya: campurkan satu sendok teh madu dengan setengah porsi penggunaan sampo favorit kamu. Usapkan dan keramas seperti biasa, lalu bilas hingga bersih.
10. Mengobati Kulit yang Terbakar Matahari Madu mengembalikan kelembaban yang hilang pada kulit akibat paparan sinar matahari yang menyengat. Sama halnya dengan madu, lidah buaya juga mempunyai sifat antiradang yang dapat menenangkan kulit yang terbakar matahari, serta mempercepat pemulihan. Caranya: campurkan satu sendok makan raw honey dengan dua sendok makan gel lidah buaya murni. Lalu, oleskan pada kulit yang terbakar matahari.
Selamat mencoba, Minasan!