Mengenal macam-macam nutrisi yang diperlukan tubuh akan membantu kamu mengatur pola makan sehari-hari. Selain itu, karena setiap suplemen memiliki manfaat yang berbeda-beda untuk tubuh, maka penting bagi kamu untuk memahami terlebih dahulu fungsi dan proporsi seimbang dari setiap nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh tersebut. Nah, berikut adalah 5 nutrisi penting yang bisa kamu jadikan referensi makanan pasca melahirkan.
source: http://realfood.tesco.com/media/images/healthy-eating-h-82fbe2cf-e11f-454b-8f9a-c7562af055a9-0-472x310.jpg

1. Protein

Kebutuhan protein tubuh adalah sebesar 15% dari menu makan kamu dalam sehari. Sebagai bahan dasar pembentuk tubuh, protein dibutuhkan oleh seluruh organ tubuh. Jika kamu mengonsumsi protein dalam jumlah tinggi, maka tubuh akan menyimpannya dalam otot dan organ tubuh. Namun jika kamu kurang mengonsumsi protein, sistem metabolisme tubuh pun akan melambat. Nah, kandungan protein dapat kamu peroleh dari daging, ikan, ayam, biji-bijian, serta kacang-kacangan (buncis, kacang polong, dan lentil).

2. Karbohidrat

Kebutuhan karbohidrat dalam tubuh adalah sebesar 60% dari menu makan kamu sehari. Bentuk karbohidrat yang paling sederhana yaitu fruktosa dan glukosa, atau lebih kita kenal sebagai gula. Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna tubuh dibandingkan gula. Karena itu, karbohidrat kompleks lebih berguna bagi tubuh karena energi yang dilepaskannya secara perlanan. Kamu bisa mendapatkan kandungan karbohidrat kompleks dalam sayuran, sereal, dan beberapa buah tertentu.

3. Lemak

Kebutuhan lemak dalam tubuh adalah sebesar 25-30% dari menu makan kamu sehari. Lemak merupakan sumber energi lain bagi tubuh yang memberikan kalori dua kali lebih banyak dibandingkan dengan protein dan karbohidrat dalam jumlah yang sama. Namun, lemak juga bisa menjadi penyebab kelebihan berat badan, terutama seperti mentega, keju, dan krim. Namun, ada juga lemak yang mengandung nutrisi penting, yaitu lemak tak jenuh yang terdapat dalam kacang-kacangan, minyak, dan biji-bijian.

4. Vitamin & Mineral

Vitamin dan mineral adalah dua suplemen yang sangat penting untuk tubuh, terutama untuk menjaga sistem metabolisme tubuh. Kedua nutrisi ini bisa kamu dapatkan dari hampir semua jenis makanan. Dengan mengonsumsi makanan yang seimbang dan bervariasi, maka kebutuhan tubuh untuk dua nutrisi ini pun akan terpenuhi. Kamu bisa mendapatkan vitamin dan mineral misalnya pada sayuran dan buah-buahan segar.

5. Serat

Serat sangat penting untuk memperlancar sistem pengeluaran dalam tubuh. Karena itu, makanan pasca melahirkan yang mengandung serat harus ada di menu makan kamu setiap hari. Makanan yang mengandung serat adalah roti gandum murni, nasi, sereal (sereal beras dan muesli), dan pasta gandum. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan manfaat serat dalam sayuran seperti kol, kacang polong, dan kentang, buah-buahan segar seperti pisang dan raspberry, serta kacang-kacangan.

6. Suplemen untuk Ibu Hamil & Menyusui

Untuk membantu kondisi tubuh selalu dalam keadaan sehat dan kuat pasca persalinan, kamu bisa mengonsumsi suplemen yang banyak tersedia di apotek. Salah satu suplemen yang baik untuk dikonsumsi adalah Nulacta Capsule. Kapsul ini mengandung fish oil, vitamin E, EPA/DHA, serta peppermint oil yang dibutuhkan tubuh. Kamu bisa mengonsumsinya dua kali sehari atau sesuai dengan saran dokter.
source: http://www.heboo.com/upload/produk/utama_N8D5ZzPkrR_20150615.JPG
Itulah 5 nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh setelah kamu melakukan proses persalinan. Selain memenuhi kebutuhan nutrisi di atas, kamu juga harus menghindari beberapa makanan yang tidak baik untuk tubuh. Makanan-makanan tersebut adalah yang mengandung lemak jenuh tinggi, gula, kolesterol dan gula olahan. Selain itu, makanan yang mengandung alkohol, kolesterol tinggi, serta bersoda juga sebaiknya juga kamu hindari untuk mendapatkan tubuh sehat terutama bagi kamu yang menyusui.
Rekomendasi Produk
Obical mengandung magnesium yang membantu memenuhi kebutuhan kalsium untuk ibu hamil dan menyusui. Produk ini dibanderol dengan harga sekitar Rp69.000.

Klik MAU dan dapatkan kesempatan untuk memiliki produk ini. Kami akan memilih 3 orang yang beruntung untuk mendapatkan produk yang kamu pilih. Good luck!