Olahraga saat diet bisa memberikan manfaat yang penting untuk tubuh bagian dalam maupun luar. Selain bisa mengencangkan otot-otot pada bagian tubuh tertentu, melakukan olahraga juga bisa melancarkan aliran darah dalam tubuh. Untuk tubuh bagian luar, olahraga juga bermanfaat membuat kulit menjadi sehat, segar, dan kenyal alami. Nah, mari simak health tips berikut tentang 5 jenis olahraga saat diet yang bisa kamu coba di rumah berikut.

1. Aerobik

Aerobik merupakan olahraga paling mudah yang bisa dipraktikkan. Kamu bisa melakukan latihan dengan jogging, lompat tali, lari, bersepeda, berjalan kaki, meloncat, atau melangkah. Olahraga ini akan meningkatkan detak jantung dan aliran oksigen ke otot. Meski akan sedikit melelahkan, namun olahraga ini bermanfaat untuk membantu mengurangi berat badan dengan membakar lemak, membakar kalori berlebih, meningkatkan metabolisme tubuh, serta meningkatkan stamina.

2. Pilates

Health tips berikutnya adalah dengan melakukan pilates. Olahraga ini bermanfaat untuk menjaga koordinasi tubuh, pikiran, dan jiwa. Manfaat utamanya adalah memperkuat otot yang lemah, memperbaiki kualitas gerakan tubuh, serta memberikan kestabilan pada tubuh. Selain itu, melakukan olahraga pilates secara teratur juga akan membantu kamu relaksasi mental serta melakukan pernapasan dengan benar.
source: http://fitnessmaster.in/wp-content/uploads/2015/08/pilates.jpg

3. Teknik Alexander

Teknik Alexander adalah serangkaian gerakan yang didasarkan untuk mendapatkan postur tubuh yang ideal, terutama di bagian punggung. Latihan ini pada dasarnya mengajarkan cara menyejajarkan tubuh dan mengubah posisi tubuh sehari-hari seperti duduk, berdiri, dan membungkuk untuk mendapatkan postur tubuh yang baik. Selain untuk memperbaiki postur tubuh, melakukan olahraga ini bisa memperbaiki aliran energi dalam tubuh serta membantu kamu relaksasi mental.

4. Tai Chi

Tai Chi adalah salah satu jenis olahraga yang dilakukan dengan konsentrasi penuh dan teknik pernapasan yang terkontrol. Latihan ini memerlukan koordinasi antara tubuh, pikiran, dan jiwa. Relaksasi ini bisa membantu kamu untuk merasa rileks, sehingga bisa menghilangkan stres dan mengembalikan tenaga dalam tubuh. Manfaat melakukan olahraga ini adalah meningkatkan kontrol pikiran dan tubuh, meningkatkan stamina dan kekuatan, serta membantu relaksasi.

5. Yoga

Yoga merupakan jenis olahraga yang bisa melatih kekuatan otot dan stamina melalui latihan peregangan. Diperlukan teknik pernapasan yang tepat saat melakukan olahraga ini, sehingga akan membuat tubuh dan pikiran harmonis. Manfaat utama olahraga ini adalah untuk meningkatkan mobilitas persendian dan otot, memperkuat koordinasi otot, dan menyelaraskan jalan pikiran dan tubuh. Selain itu, jika dilakukan dengan teratur, yoga juga bisa meningkatkan stamina dan kekuatan tubuh, serta membantu relaksasi.

6. Kelas Yoga yang Wajib Dicoba

Bagi kamu yang ingin mencoba olahraga yoga, kamu bisa bergabung dengan kelas yoga di Iyengar Yoga Institute Indonesia. Klub yoga yang berada di Jl. Kemang Raya No. 18 D Jakarta ini menawarkan beberapa program yang bisa kamu pilih. Kelas-kelasnya dibagi menjadi kelas perorangan dan grup. Selain itu, fasilitasnya yang lengkap juga akan membuat kamu semakin betah berada di studio yoga ini.
source: https://www.expatads.com/adpics1/2013/6/IYENGAR-YOGA-CENTRE-INDONESIA-TEACHER-TRAINING-PROGRAMME51c7bd447a66f0b67694.jpg
Itulah beberapa health tips yang bisa kamu praktikkan di rumah. Untuk memastikan bahwa kamu sudah melakukan gerakan yang benar, pastikan kamu melakukan beberapa jenis olahraga tertentu dengan bimbingan ahli. Jangan lupa, kamu juga bisa meningkatkan semangat berolahraga dengan cara melakukannya sambil memutar musik favorit. Cara ini bisa membuat kamu menghabiskan waktu berolahraga lebih lama. Nah, tertarik untuk mulai mempraktikkannya?