Melakukan terapi yang berguna untuk menyeimbangkan pikiran dan tubuh merupakan salah satu solusi maslaah kesehatan yang bisa diandalkan Terapi ini akan memberikan manfaat dari dalam. Relaksasi pikiran dapat mempengaruhi kesehatan dan kebugaran tubuh. Yuk, coba lakukan 4 rekomendasi terapi yang wajib dicoba berikut ini:

1. Latihan Pernapasan

Tahukah kamu, ternyata cara bernapas memiliki pengaruh penting bagi kesehatan. Walaupun pada dasarnya bernapas merupakan proses yang dilakukan secara alami, namun cara bernapas yang salah ternyata bisa menyebabkan beberapa health problem atau masalah kesehatan. Untuk melakukan pernapasan yang benar, lakukan langkah berikut. Pertama, dengan posisi berdiri atau duduk tegak, pejamkan mata dan pusatkan perhatian pada pernapasan. Kedua, tarik napas dalam-dalam dan perlahan dengan santai. Ketiga, bayangkan tulang rusuk kamu bagian bawah melebar saat menarik napas. Terakhir, buang napas. Pada intinya, cara bernapas yang benar adalah menarik napas sampai terasa ke tulang rusuk bagian bawah.

2. Relaksasi

Teknik relaksasi biasanya dilakukan sebelum melakukan meditasi. Teknik ini bermanfaat untuk meningkatkan kewaspadaan kamu pada otot tubuh, sehingga kamu bisa merasakannya saat otot tubuh berelaksasi. Langkah melakukan relaksasi adalah sebagai berikut. Pertama, posisikan tubuh telentang, lalu remas jari-jari kaki saat kamu menarik napas. Tahan kontraksi otot dan napas sampai 5 hitungan. Kedua, kendurkan kontraksi pada jari kaki dan buang napas. Ketiga, tariklah otot betis dan tarik napas secara perlahan. Tahan sampai 5 hitungan sambil menahan napas. Keempat, lepaskan otot dan buang napas. Kelima, lakukan latihan di atas pada otot-otot lainnya (otot pantat, perut, lengan, tangan, bahu, kepala, wajah). Tahan setiap set sampai 5 hitungan sambil menahan napas, lalu lepaskan.

3. Visualisasi

Teknik visualisasi yang merupakan salah satu gaya hidup sehat ini bisa kamu lakukan jika sudah menguasai teknik relaksasi. Untuk melakukannya, kamu bisa mengambil langkah berikut. Pertama, pejamkan mata dan bayangkan tempat istimewa yang bisa mewakili keamanan dan keheningan. Kedua, pastikan kamu seperti merasakan cahaya matahari yang menerpa wajah, mendengar kicau burung, dan melihat warna-warna di sekitar kamu. Nikmati suasana tersebut selama 10-20 menit.

4. Meditasi

Meditasi adalah sebuah terapi yang menghadirkan keadaan waspada yang rileks di tubuh dan pikiran. Pertama pejamkan mata dan buang napas dalam-dalam. Kedua, tarik napas dan biarkan perut mengembang. Ketiga, buang napas dan kendurkan otot perut. Keempat, relaksasikan setiap bagian tubuh. Kelima, tetaplah diam hingga beberapa menit. Keenam, katakan pada diri kamu bahwa saat ini kamu kembali pada tingkat kewaspadaan sehari-hari. Buka mata, gerakkan tubuh, lalu lakukan peregangan.
source: http://cdn.zmescience.com/wp-content/uploads/2014/11/o-MEDITATION-facebook.jpg

5. Tempat Meditasi yang Dijamin Seru

Jika kamu masih belum yakin untuk melakukan meditasi sendiri, kamu juga bisa bergabung dengan beberapa klub meditasi. Kamu bisa mencoba Anand Ashram Meditation Centre yang berada di Jl. Sunter MAS Barat II E No.10, Jakarta. Tempat meditasi ini patut untuk kamu coba karena banyak program yang ditawarkan, seperti zen reiki, stress management, kundalini yoga, dan juga sufi training.
source: http://www.anandashram.or.id/wp-content/uploads/2015/07/banner-weekend-meditation-400x255.jpg
Itulah 4 terapi penyeimbang tubuh dan pikiran yang bisa kamu praktikkan untuk mengatasi beberapa health problem. Meski terlihat sederhana, namun ternyata gaya hidup sehat ini memiliki banyak manfaat penting untuk tubuh. Bahkan, hanya dengan cara menarik napas dalam-dalam hingga terasa sampai bagian perut akan mengurangi ketegangan, stres, serta merelaksasikan organ tubuh. Yuk, kita coba mulai hari ini!