1. Perawatan Kulit Wajah

Saat banyak tersedia berbagai macam perawatan wajah seperti facial dan masker. Namun, bila kamu memiliki kondisi kulit berjerawat tentu harus pintar-pintar memilih jenis perawatan. Jangan sampai tergiur dengan berbagai macam perawatan yang ditawarkan salon kecantikan. Perawatan yang tidak tepat justru membuat jerawat semakin meradang.

2. Tidak Sabar

Jerawat memang mengganggu penampilan. Tapi sebaiknya kamu sedikit bersabar untuk menghadapi masalah ini. Jerawat tidak bisa disembuhkan dalam waktu singkat. Hindari bergonta-ganti pembersih wajah atau produk kecantikan lain yang justru memperparah kondisi jerawat.

3. Krim Pemutih Kulit

Bila wajah masih dalam kondisi berjerawat sebaiknya fokuskan untuk menyembuhkan jerawat. Gunakan saja obat penyembuh jerawat dan hindari penggunaan krim pemutih. Krim pemutih umumnya dapat menyebabkan iritasi ketika dipakai pada saat jerawat masih meradang. Bila perlu konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter aman atau tidak digunakan bersamaan saat kulit berjerawat.

4. Vitamin E

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa konsumsi vitamin E pada saat luka justru memperparah kondisi luka tersebut. Sehingga banyak pakar kecantikan yang menggolongkan vitamin E sebagai pantangan untuk kulit berjerawat.

5. Gaya Hidup

Selain beberapa hal di atas, gaya hidup yang tidak baik juga menjadi penyebab jerawat tak kunjung sembuh. Usahakan untuk tidur tidak lebih dari jam 12 malam. Hindari juga paparan sinar matahari secara langsung. Sinar matahari bukan hanya memperparah jerawat tapi juga menimbulkan bintik hitam pada wajah. Sebelum beraktivitas, gunakan lotion yang mengandung SPF seperti Garnier Light Complete Extra Cream UV dengan SPF 19 PA++ yang dijual mulai dari Rp18.000 untuk kemasan kecil.

6. Lemak

Hindari makanan yang berlemak. Lemak yang berlebihan menyebabkan gula darah naik yang bisa meningkatkan hormonal cascading. Keadaan ini dapat meningkatkan produksi sebum yang bisa menyumbat pori-pori. Sehingga akan semakin membuat jerawat meradang.