Coba di Tempat yang Terang


Sebelum membeli, cobalah untuk berjalan sambil memakai rok tersebut dan rasakan apakah cukup nyaman dipakai. Lihat di depan cermin, apakah ukuran dan modelnya terlihat cocok di tubuhmu.
source: http://www.zoella.co.uk/2012/04/maxi-skirts-wearing-styling-tips.html

Pilih Atasan yang Sesuai


Rok bisa disebut sesuai atau tidak, salah satunya ditentukan oleh atasan yang kalian pilih. Jika style atasanmu tidak cocok, maka tampilan keseluruhan akan terlihat tidak match.
source: http://kintakun-collection.co.id/tampil-anggun-dengan-mix-and-match-maxi-skirt/
  • Atasan yang longgar akan membuat tampilan "jatuh" yang pas dengan maxi skirt dan membuat kesan rok yang mengembang.
  • Untuk rok yang ramping, atasan longgar akan membuat kontras tampilan yang ideal.
  • Cropped tops sangat cocok dengan maxi skirt, karena maxi skirt akan tetap menjaga keseimbangan tubuhmu walaupun baju atasan hanya sampai bagian pinggang. Baju model cropped top sepanjang pinggang dan sepatu dengan heels bisa membantumu terlihat tinggi.
  • Jenis slouchy tops akan cocok dipadukan dengan maxi skirt tapi kalian tetap harus memperhatikan tampilanmu di cermin. Bisa juga kalian pakai sabuk untuk menunjang penampilanmu. Tapi slouchy top terlihat paling cocok untuk kalian yang bertubuh tinggi.
  • Layered tops atau atasan yang berlapis-lapis akan sangat cocok dengan tubuh tinggi kalian.
source: http://www.wikihow.com/Wear-a-Maxi-Skirt

Atasan: Masuk atau Keluar?


Minasan lebih suka baju atasan dimasukkan ke dalam rok atau biarkan di luar begitu saja? Jangan salah, hal ini bisa menentukan cocok tidaknya style mix 'n match dengan maxi skirt yang Minasan pakai, lho!
source: http://weddingdigestkenya.com/blog/2014/03/18/how-to-wear-longmaxi-skirts-and-look-smoking-hot/
  • Jangan lipat di bagian yang akan membuatmu terlihat gemuk dan bagian yang akan mengganggu jatuhnya rok.
  • Jenis cashmere tipis atau yang sejenis dengan sweater tipis bisa terlihat elegan ketika dilipat ke dalam maxi skirt.
  • Coba gunakan outer seperti cardigan, jaket atau coat sehingga kalian bisa memberikan dua tampilan masukkan t-shirt ke dalam maxi skirt sementara cardigan di luarnya. Biarkan kancing outer tidak mengait untuk tampilan yang good look.
  • Jika rok sudah cukup ketat di bagian perut, jangan buat lipatan baju lagi karena akan mengganggu kenyamanan. Biarkan bajumu di luar tanpa perlu melipatnya atau kalian bisa coba atasan model cropped top.
  • Teksturnya tidak perlu match, tapi tetap harus saling melengkapi.
source: http://www.wikihow.com/Wear-a-Maxi-Skirt

Sesuaikan Warna


Ada dua pilihan yaitu: monokrom yaitu menyamakan warna atasan dan bawahan, atau matching color yaitu memadukan warna yang sesuai. Hindari memakai warna yang akan menimbulkan bentrok misalnya menggunakan dua warna yang kontras.
source: http://www.ivy-thisiswhatwedo.com/2011/06/lovely-mint-maxi-skirt.html
source: http://www.ebay.com/itm/Boho-Sexy-Summer-Casual-Black-White-High-waist-Chiffon-Long-SKirt-Skirts-10116-/390459857828

Pilih Sepatu yang Cocok


Jika tubuhmu tidak terlalu tinggi, gunakan sepatu dengan heels tinggi untuk mengimbangi panjang rok dan membuatmu terlihat tinggi. Namun jika kalian punya tubuh yang cukup tinggi, gunakan sepatu flat atau sedikit heels. Sebagian besar heels cocok dipakai bersama maxi skirt, tapi coba cek lagi di cermin bagaimana penampilanmu, ya.
source: http://www.3lilpearsphotography.com/maxi-skirt-day-to-night-look/
source: http://www.joos.in/trend-flash-spring-summer-2012-style-up-with-sheer-skirts/2012/04/
Nah Minasan, sudah siap bergaya dan semakin eksis dengan maxi skirt?