Cara Memutihkan Kulit yang Simpel untuk Atasi Kulit Gelap Akibat Paparan Matahari

Cara memutihkan kulit bisa berbeda tergantung keadaan lingkungan. Iklim tropis Indonesia menjadikan warna alami kulit tampak lebih gelap akibat paparan sinar matahari. Bagian kulit yang seringkali mengalami hiperpigmentasi yaitu bagian wajah, telapak tangan, telapak kaki, leher, dan lengan. Hiperpigmentasi adalah warna kulit yang tidak merata akibat sengatan matahari, menimbulkan bintik-bintik gelap seperti bekas jerawat yang menyebar di bagian tubuh yang terpapar. Cara memutihkan kulit akibat paparan sinar matahari dapat dilakukan sendiri di rumah. Anda tidak akan percaya dengan hasilnya sebelum mencoba mengaplikasikan sendiri untuk mengatasi masslah kulit. Ini dia beberapa metode penyembuhan kulit yang gelap dan secara aman mengembalikan warna alami kulit bahkan menjadikannya satu tingkat lebih cerah.
Metode 1 Mencuci kulit dengan sabun bayi. Sementara, gantilah sabun mandi Anda dengan sabun bayi. Sabun bayi mengandung minim bahan kimia dan mampu meredakan iritasi kulit. Cara ini sangatlah mudah. Anda cukup mandi seperti biasa, kemudian gosoklah bagian kulit yang terpapar sinar matahari dengan handuk. Selama satu minggu, kulit akan terlekupas dan tergantikan dengan kulit baru yang lebih cerah tanpa menimbulkan rasa perih. Sabun bayi juga dapat menjaga kelembaban kulit Anda.
Metode 2 Menggunakan campuran buah tomat dan air perasan jeruk nipis sangatlah efektif untuk menghilangkan warna kulit yang gelap akibat paparan sinar matahari. Buah tomat dan jeruk nipis mengandung vitamin C tinggi yang diperlukan kulit untuk meregenerasi sel-sel rusak. Caranya, haluskan buah tomat yang dicampur perasan air jeruk kemudian gunakan sebagai masker setiap pagi sebelum mencuci wajah. Untuk pertama kalinya campuran ini memang terasa agak perih di kulit namun reaksi ini wajar karena buah tomat bekerja memperbaiki struktur kulit yang rusak akibat paparan matahari. Air jeruk nipis bekerja mencerahkan kulit, dan sebagai nilai plus bagi wajah yang berjerawat, air jeruk akan mempercepat penyembuhan. Anda dapat mengaplikasikan masker ini selama 15 menit kemudian bilas dengan air dingin. Dengan pemakaian teratur, kulit akan menjadi setingkat lebih cerah.
Langkah 3 Manfaatkanlah madu dan air lemon sebagai cara memutihkan kulit yang tampak gelap. Seperti jeruk nilis, air lemon juga mengandung vitamin C tinggi yang dapat memutihkan kulit. Pemanfaatan madu yang diaplikasikan langsung pada permukaan kulit akan menjadikan kulit lebih halus, lembut, dan kenyal. Cara membuat masker ini sangatlah mudah, campurkan kedua bahan kemudian oleskan pada wajah sebelum tidur. Biarkan air lemon dan madu bekerja pada kulit anda selama 15 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.
Langkah 4 Lidah buaya memiliki banyak manfaat terutama untuk mengobati luka bakar. Oleskan gel lidah buaya pada bagian permukaan kulit yang terpapar sinar matahari setiap pagi dan malam. Gel ini akan bekerja sebagai pelembab, mengurangi iritasi, mengelupas kulit yang terbakar, dan digantikan oleh kulit yang lebih cerah.
Langkah 5 Minyak zaitun merupakan bahan alami yang sangat digemari untuk perawatan kulit. Selain dapat memutihkan kulit, minyak zaitun bermanfaat untuk mengenyalkan, menghaluskan permukaan kulit sehingga kulit menjadi tampak awet muda. Untuk memutihkan kulit yang terbakar, oleskan minyak zaitun dan pijat lembut permukaan kulit agar sel-sel kulit mati ikut terangkat. Pemijatan pada permukaan kulit dengan minyak zaitun juga dapat merangsang produksi kolagen. Setelah melakukan pijatan lembut bersihkan kulit dengan air hangat. Hanya dalam beberapa kali pemakaian, Anda dapat melihat adanya perbedaan kondisi kulit yang lebih kenyal, halus, dan bercahaya. Gunakan secara teratur sebagai cara memutihkan kulit dan relaksasi.
Agar kulit terhindar dari paparan sinar matahari, Anda dapat memanfaatkan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar UV penyebab kanker. Selain itu, memperhatikan pola hidup sehat juga sangat efektif untuk menjaga kesehatan tubuh terutama kulit agar terhindar dari penuaan dini. Selamat mencoba!