Munculnya jerawat memang selalu menjengkelkan, terutama jika jerawat yang muncul berukuran besar dan berada pada bagian wajah yang mudah terlihat. Belum lagi jerawat yang meradang, duh! Tentunya akan mengganggu penampilan kita.
Tahukah kamu? Penyebab munculnya jerawat adalah karena bakteri dan kotoran yang menempel pada wajah dan tidak segera dibersihkan. Jika tidak segera diatasi, maka akan mengakibatkan peradangan. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Ini adalah 6 tips ampuh menghilangkan jerawat membandel.

Penguapan Wajah

Ingin jerawat cepat hilang? Lalukan penguapan wajah dengan air hangat yang sudah dicampur dengan essential oil. Dengan melakukan penguapan wajah, maka poiri-pori kulit akan terbuka, dan essential oil yang dicampurkan tadi akan masuk melalui pori-pori, merawat kulit, membasmi bakteri penyebab jerawat, dan membuat jerawat kering. Jadi, kamu tidak perlu lagi memencet jerawat sampai pecah.
source: http://www.naturalhut.net/2014/07/produk-baru-natural-hut-virgin-coconut.html
Kamu bisa mencoba Natural Hut essential Oil. Produk ini banyak dijual di situs-situs penjualan online di Indonesia. Harganya pun tidak terlalu mahal, untuk ukuran 30 ml, kamu cukup mengeluarkan uang sebesar Rp246.000.

Masker Madu

Masker madu juga salah satu rahasia ampuh mengatasi jerawat, karena madu dapat menjadi antibakteri yang mengeringkan jerawat dan mengeluarkan nanah. Caranya mudah, kok. Cukup aplikasikan madu pada wajah, kemudian diamkan selama 10-15 menit, biarkan kering. Lalu bilas wajah dengan air bersih. Keringkan wajah dengan handuk yang berbahan lembut.
source: http://carasehathidup.blogspot.co.id/2014/08/cara-membuat-masker-madu-untuk-jerawat.html

Sandalwood

Sandalwood merupakan bubuk kayu manis yang berkhasiat untuk membasmi jerawat. Kamu bisa mencampurkan bubuk kayu cendana, jus lemon, dan air mawar untuk membuar masker sandalwood. Setelah semua bahan tercampur rata, kamu bisa oleskan masker sandalwood pada wajah. Diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air biasa. Hasilnya jerawat akan lebih cepat kering.
source: http://www.kaskus.co.id/thread/52144e5a59cb17721b000000/nih-gan-supaya-ketiaknya-putih-mullusluslus/

Cengkeh

Selain penguapan dengan essential oil, menghilangkan jerawat juga bisa diatasi dengan cengkeh. Caranya, ambil 2-3 butir cengkeh, kemudian rebus selama beber menit. Setelah mendidih, diamkan beberapa saat air rebusan cengkeh tadi. Setelah itu, gunakan untuk membasuh wajah pada bagian yang berjerawat. Tapi, jangan sampai terkena mata, ya, karena bisa mengakibatkan iritasi.
source: http://perawatan-kulit.com/mengenal-manfaat-minyak-cengkeh-untuk-perawatan-kulit/

Air Jeruk Nipis

Air jeruk nipis sangat ampuh mengeringkan jerawat. Sama seperti masker madu, cara pengaplikasian air jeruk nipis ini juga sangat mudah. Oleskan air jeruk nipis pada area wajah yang berjerawat. Biarkan selama beberapa menit, hingga air jeruk nipis meresap ke dalam.
source: http://caramenghilangkanjerawatalananospray.blogspot.com/2015/02/cara-cepat-dan-ampuh-menghilangkan-flek-noda-hitam-di-wajah-dengan-jeruk-nipis.html
Namun dari semua hal itu, cara terbaik untuk mencegah munculnya jerawat adalah dengan rajin membersihkan wajah, dan jangan lupa perbanyak minum air putih agar kelembaban kulit tetap terjaga.