Kuku panjang tentu akan terlihat cantik jika kuku tersebut sehat, bersih, dan memiliki bentuk yang rapi. Manicure dan pedicure kini sudah banyak hadir untuk membantu kita merawat kecantikan dan kesehatan kuku.
Lalu, bagaimanakah agar kamu bisa mendapatkan kuku yang indah dengan perawatan sendiri? Yuk, ikuti. Berikut 7 cara alami mendapatkan kuku yang cantik.

Istirahatkan Kuku

Pada umumnya, wanita senang sekali menggunakan pewarna kuku untuk membuat kuku terlihat lebih cantik. Sayangnya, penggunaan cat kuku secara terus menerus juga tidak baik untuk kesehatan kuku, karena kuku butuh untuk beristirahat dari berbagai zat kimia. Penggunaan pewarna kuku secara terus menerus dapat mengakibatkan kuku terlihat kuning dan rapuh.
source: https://blog.tokopedia.com/2014/10/6-cara-mudah-merawat-kuku-agar-tetap-cantik-dan-sehat/

Manfaatkan Bahan-Bahan Dapur

Agar kuku kamu kuat dan tidak gampang patah, kamu bisa menggunakan belimbing sayur untuk digosokkan di dasar kuku. Tidak hanya itu, kamu juga bisa merendam kuku selama beberapa menit ke dalam cuka apel atau minyak zaitun yang telah dihangatkan. Mudah, kan?
source: http://cukaapeltahesta.org/
Cuka apel mudah didapatkan di supermarket besar, atau di online shop. Salah cuka apel yang sering digunakan adalah cuka apel Tahesta. Cuka apel ini selain mudah didapat, dengan harga sekitar Rp145.000 per 2 botol.

Perasan Lemon

Perasan lemon kaya akan antiseptik alami dan vitamin C. Kedua kandungan tersebut sangat baik untuk menguatkan kuku kamu. Peras lemon, kemudian oleskan pada kuku. Diamkan selama 5-10 menit, lalu bersihkan dengan air.
source: "http://76kesehatan.blogspot.co.id/2015/07/cara-merawat-kuku-tangan-dan-kuku-kaki.html

Air Hangat & Jeruk

Tidak hanya perasan lemon saja. Mencampurkan air hangat dan air jeruk ternyata juga dapat menghilangkan noda pada kuku, lho. Bagaimana caranya? Mudah, kok. Rendam tangan kamu ke dalam air yang telah dicampur dengan air jeruk selama 15-20 menit. Jika dilakukan secara teratur, akan membantu memulihkan kuku yang kusam.
source: http://owgitu.com/tips-cara-membersihkan-kuku-agar-tampak-bersih-dan-mengkilap/

Jangan Lupa Memotong Kuku

Kuku tangan kita memiliki pertumbuhan sekitar 0,5 hingga 1,5 mm setiap minggunya. Itu artinya kuku tangan kita tumbuh empat kali lebih cepat dibandingkan kuku kaki. Maka, usahakan kuku tangan kita tetap pendek, bersih, dan rapi, ya. Karena kuku tangan yang pendek dapat meminimalisir masuknya kuman yang mengakibatkan penyakit melalui kuku.
source: http://blog.shopious.com/tips-beauty-kecantikan/7-tips-memotong-kuku-yang-benar

Gunakan Krim Khusus Perawatan Kuku

Untuk mencegah kuku menjadi kering, jangan lupa gunakan krim khusus untuk perawatan kuku. Orlane, misalnya. Produk yang satu ini bisa kamu dapatkan melalui pembelian online. Tapi tidak sama seperti cuka apel, Orlane dijual dengan harga sekitar Rp460.000. Orlane merupakan produk yang dikhususkan untuk perawatan anti-penuaan dengan beberapa efektivitas dalam memerangi penuaan kulit, khususnya untuk daerah tangan dan kuku.
source: http://id.strawberrynet.com/skincare/orlane/b21-reconditioning-cream-hands/32974/?CatgId=19

Perawatan Dari Dalam

Untuk memiliki kulit yang cantik, tidak melulu melakukan perawatan dari luar, ya. Cobalah melakukan perawatan dari dalam dengan minum susu secara rutin setiap hari. Susu mengandung kalsium yang dapat membantu menjaga kuku kamu agar tetap kuat dan sehat.
source: http://www.vemale.com/kesehatan/80559-selain-kaya-kalsium-ini-4-manfaat-mengejutkan-minum-susu-hangat.html
Bagaimana kita menjaga kesehatan dapat terlihat dari bagaimana kita menjaga kesehatan kuku kita. Bila kuku kita bersih, maka rasa percaya diri akan terpancar dan tubuh kita terhindar dari penyakit. Jadi, penting kan menjaga dan merawat kuku? Tidak hanya agar terlihat cantik, tapi juga sehat.