1. Ambil Tindakan Cepat

Pigmen melanin pada flek hitam akan bergerak menembus lapisan kulit yang lebih dalam seiring dengan berjalannya waktu, sehingga kamu wajib melakukan tindakan dengan cepat saat melihat ada flek pada wajahmu. Flek hitam juga cenderung lebih mudah dihilangkan saat masih baru berumur kurang dari 6 bulan. Jika kamu menyadarinya dan cepat melakukan tindakan, flek hitam bisa hilang dalam 2 bulan.
source: http://chouchouanso.blogspot.co.id/2012/02/flawless-skin.html

2. Pakai Formula yang Tepat

Retinol dan vitamin C adalah 2 bahan terbaik untuk menyamarkan flek pada wajah. Kamu bisa mencari serum dengan brightening complex yang mengandung kedua bahan ini agar bekerja lebih efektif. Tapi perhatikan pula intensitas penggunaannya karena kedua bahan tersebut bisa menyebabkan iritasi jika digunakan terlalu sering. Batasi penggunaan 1-2 kali dalam seminggu.
source: http://www.makingcosmetics.com/Vitamin-A-Microcaps-retinol_p_320.html

3. Manfaatkan Perawatan Kulit di Pagi Hari

Tak hanya malam hari, kamu pun bisa mengusir flek hitam dengan lebih cepat jika kamu melakukan perawatan kulit di pagi hari. Bedanya, gunakan serum dengan formula yang lebih lembut pada kulit di pagi hari, namun tetap mengandung zat-zat yang dapat mencerahkan kulit. Selain dapat mencerahkan flek hitam, formulanya juga dapat mencegah munculnya flek hitam yang baru.
source: http://www.marieclaire.co.uk/news/beauty/548853/anti-ageing-serums-5-that-will-completely-transform-your-skin.html

4. Kombinasikan Dengan Perawatan Lain

Tak hanya retinol dan vitamin C, kamu pun bisa menggunakan produk skincare yang mengandung bahan lain untuk memaksimalkan efek brightening. Misalnya seperti asam glikolat yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan merawat perubahan warna pada kulit. Gunakan scrub atau peeling wajah yang mengandung asam glikolat seminggu sekali untuk hasil yang maksimal.
source: http://www.rxskintherapy.com/products/glycolic-acid-peel-gel.html

5. Selalu Gunakan Sunblock

Paparan sinar ultraviolet dapat memperparah kondisi flek pada wajahmu. Jika ingin flek hitam cepat menghilang, kuncinya adalah jangan pernah lupa memakai sunblock atau usaha yang kamu lakukan akan menjadi sia-sia. Gunakan sunblock minimal SPF 30 setiap hari sebelum keluar rumah.
source: http://www.drugstore.com/th/aveeno-fragrance-free-lotion.html

6. Temui Ahlinya

Hasil dari retinol dan vitamin C dapat bertahan stabil 6-12 bulan. Namun jika flek hitam tak kunjung hilang, segera temui ahlinya. Peeling maupun laser profesional dapat menarget melanin berlebih yang menjadi penyebab flek hitam membandel. Selain itu, ahli dermatologis juga bisa memberimu resep khusus seperti asam azelat untuk mengatasi flek yang tak kunjung hilang.
source: http://www.ml-esthetics.com/injections/le-peeling
Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti alergi maupun iritasi, ada baiknya konsultasikan lebih dulu dengan dokter kecantikan maupun ahli dermatologis sebelum memutuskan untuk menggunakan produk-produk yang mengandung vitamin C, retinol, asam glikolat, dll.