Apakah Facial Toner Itu?

Toner merupakan sebuah produk kosmetik berbentuk cairan yang berbahan dasar air. Konsistensinya mirip seperti cuka yang mengandung bahan aktif. Biasanya, facial toner ini digunakan setelah memakai oil cleanser untuk membersihkan sisa-sisa oil pada wajah.
source: http://nourishingjoy.com/5-homemade-facial-toners-rosewater/
Pada umumnya, facial toner akan membuat wajah terasa dingin dan segar serta halus. Jika kamu terbiasa dengan perawatan serum anti aging di malam hari, maka setelah membersihkan wajah, alangkah baiknya jika kamu menggunakan facial toner untuk melembapkan wajah terlebih dahulu agar kandungan serum dapat terserap sempurna di kulitmu.

Apakah Baik untuk Semua Jenis Kulit

Pilihlah toner sesuai jenis kulitmu. Jika kamu pemilik kulit wajah berjerawat, facial toner yang mengandung asam salisilat dapat kamu pilih untuk meringankan jerawatmu. Asam salisilat biasanya terkandung di dalam buah-buahan tertentu dan bermanfaat untuk menghilangkan jerawat.
Sedangkan untuk kulit kering dan sensitif, pilihlah facial toner yang memiliki efek melembutkan. Memang ada beberapa facial toner yang mengandung alkohol. Lebih baik kamu menghindari produk yang satu ini karena alkohol tidak menutup kemungkinan dapat mengurangi kelembapan alami kulit sehingga menjadikan kulit kering.

Bagaimana Cara Memakainya?

Untuk memakai toner cukup mudah. Setelah membersihkan wajah dari makeup menggunakan cleanser oil, tuangkan beberapa tetes facial toner ke kapas. Jangan terlalu basah namun jangan terlalu sedikit juga. Jika terlalu sedikit toner yang kamu tuang, akan cepat mengering sebelum kamu mengoleskannya ke wajah.
source: http://www.amy-loves.co.uk/skincare/benefits-using-toner/
Oleskan kapas ke wajah secara merata. Pastikan semua bagian terkena agar sensasi dingin yang kamu rasakan dapat menyeluruh. Jika kamu ingin yang lebih praktis, ada juga facial toner dalam kemasan spray, jadi kamu tinggal menyemprotkannya ke wajahmu tanpa harus mengoleskannya.

Berapa Frekuensi Penggunaan yang Benar?

Jika kamu pemilik kulit normal atau berminyak, gunakan toner di pagi dan malam hari untuk mencegah penyumbatan pori-pori. Hindari menggunakan facial toner terlalu sering, karena penggunaan yang terlalu sering justru dapat memicu wajahmu untuk memproduksi lebih banyak minyak.
Sedangkan untuk kamu pemilik kulit kering cenderung sensitif, lebih baik gunakan hanya satu kali saja, misalnya di malam hari. Hal ini bertujuan untuk mencegah kotoran agar tidak menyumbat pori-pori wajahmu ketika kamu terlelap.