1. Makanan Tinggi Gula

Makanan yang mengandung gula ternyata tak hanya berdampak buruk pada kesehatan. Kadar gula tinggi akibat makan makanan manis dapat merusak kolagen. Padahal kolagen berfungsi untuk menghaluskan dan mengencangkan kulit. Bila kolagen terganggu maka proses penuaan akan berlangsung lebih cepat. Selain itu tingginya insulin dapat meningkatkan produksi minyak di kulit.

2. Kafein

Hati-hati ketika mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein. Pasalnya kafein dapat memicu adrenocortical pituitary yang meningkatkan hormon stres yaitu kortisol. Hormon tersebut dapat menyebabkan timbulnya jerawat dan beruntusan.

3. Gorengan

Minyak yang digunakan berulang-ulang terutama pada gorengan membuat minyak dan lemak mudah teroksidasi kemudian masuk melalui makanan ke tubuh. Minyak akan berubah sangat kental dan sulit didetoks oleh tubuh. Konsumsi gorengan juga membuat produksi kolagen dan elastin lambat sehingga kulit mudah kusam dan kendur.

4. Susu

Konsumsi susu memang dianjurkan untuk kesehatan. Namun perhatikan juga bahwa ternyata susu dapat meningkatkan kadar androgen yang bisa meningkatkan produksi minyak pada wajah. Sebaiknya kurangi konsumsi susu olahan bila kamu memiliki kulit yang mudah berjerawat.

5. Makanan Kemasan

Makanan kemasan biasanya banyak mengandung pengawet terutama garam. Konsumsi garam yang terlalu tinggi dapat membuat kulit kering dan kusam. Garam yang terdapat pada makanan kemasan dapat menahan air masuk ke kulit sehingga kulit tampak bengkak dan kembung.

6. Fast Food

Makanan cepat saji mengandung banyak gula dan lemak jenuh. Lemak ini dapat meningkatkan berat badan dan bisa membuat kulit kusam dan berjerawat. Sebaiknya pilih makanan berkualitas seperti makanan yang mengandung kadar air tinggi, buah-buahan dan sayuran.