Hormon yang Mempengaruhi Berat Badan


Dilansir dari shape.com, ternyata ada beberapa hormon yang dapat mempengaruhi berat badan kita. Berikut merupakan ulasannya.

Ghrelin

Hormon ini diproduksi di dalam perut dan bekerja sama dengan otak untuk mengirim sinyal lapar, seperti hormon penghilang lemak lainnya. Pengurangan jumlah kalori dalam upaya penurunan berat badan menyebabkan meningkatnya ghrelin. Hasil penelitian menunjukkan meskipun telah menjalani diet selama 12 bulan mengurangi kalori, tingkat ghrelin tetap tinggi. Dengan kata lain, tubuh kita tidak terbiasa untuk makan sedikit dan terus mengirim sinyal lapar. Itulah sebabnya mempertahankan berat badan lebih sulit daripada menurunkan berat badan.
source: http://www.shape.com/weight-loss/weight-loss-strategies/8-essential-fat-loss-hormones
Sejumlah studi menunjukkan, tidur nyenyak akan mencegah tubuh mengonsumsi lebih banyak kalori. Saat kelelahan, tubuh akan memproduksi lebih banyak ghrelin, senyawa kimia yang memicu keinginan untuk makan banyak gula.
source: https://vionida.wordpress.com/2012/08/15/inilah-4-kegiatan-setelah-olahraga-yang-bikin-berat-badan-cepat-turun/
Usahakan untuk sarapan dengan protein tinggi, seperti minuman dengan kandungan kasein dan tanpa whey, atau omelet sayuran. Tidak hanya sarapan, usahakan setidaknya mengonsumsi 20 gram protein saat makan siang dan malam untuk menjaga agar ghrelin tetap rendah setelah makan.
source: http://www.foxnews.com/health/2014/12/30/how-to-manage-3-hormones-that-can-influence-weight-loss/

Leptin

Leptin adalah jenis hormon yang disebut adipokine, yang dilepaskan secara khusus dari sel-sel lemak. Leptin berinteraksi dengan otak agar tubuh kita makan lebih sedikit dan membakar lebih banyak kalori. Semakin banyak lemak pada tubuh maka semakin banyak leptin yang dilepaskan. Tetapi jika terlalu banyak hormon leptin yang dilepaskan (leptin resistance) dapat menyebabkan otak kebal terhadap sinyal leptin.
source: http://www.swisse.com/au/mind/451/sleep-and-weight-loss-whats-the-connection
Untuk meningkatkan leptin dan sensitivitas terhadap hormon ini, konsumsilah makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 dan tingkatkan asupan makan yang mengandung asam eicosapentaenoic (EPA), yang terbukti dapat merangsang produksi leptin. Cobalah untuk mengonsumsi salmon, makarel dan sarden. Kurang tidur juga dapat menurunkan leptin dan meningkatnya ghrelin, yang akhirnya menyebabkan munculnya keinginan untuk makan lebih banyak. Jadi pastikan untuk setidaknya tidur selama tujuh setengah jam.
source: http://www.foxnews.com/health/2014/12/30/how-to-manage-3-hormones-that-can-influence-weight-loss/

Adiponektin


Adiponektin merupakan sejenis adipokine, tapi berbeda dengan leptin. Semakin kurus tubuh maka semakin banyak adiponectin yang dilepaskan oleh sel-sel lemak. Adiponektin meningkatkan kemampuan otot untuk menggunakan karbohidrat sebagai energi, meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dapat memecah lemak dan menekan nafsu makan.
source: http://www.mybeautymyskin.com/beauty-benefits-of-olive-oil
Anda bisa memaksimalkan level adiponectin dengan lebih banyak bergerak sepanjang hari serta mengganti karbohidrat sederhana (nasi putih, mie ayam, bubur ayam) menjadi karbohidrat kompleks (nasi merah, pasta, oatmeal). Disarankan juga mengonsumsi lemak tak jenuh tunggal seperti minyak zaitun dan alpukat.
source: http://wolipop.detik.com/read/2012/06/28/173630/1953450/849/8-hormon-paling-berpengaruh-yang-menentukan-berat-badan-anda

Insulin


Insulin memainkan peran yang sangat penting di dalam tubuh. Hormon ini sangat diperlukan pada saat pemulihan setelah olahraga, pembentukan otot, dan menjaga kadar gula darah. Namun, ketika asupan karbohidrat tinggi dan insulin di dalam tubuh tinggi dapat menghambat pemecahan dan pembakaran lemak yang menumpuk. Insulin dan karbohidrat berkaitan erat, semakin banyak asupan karbohidrat maka semakin banyak insulin yang dilepaskan.
source: http://www.diabetesselfmanagement.com/managing-diabetes/treatment-approaches/increasing-insulin-sensitivity/
Agar kerja insulin untuk mengurangi lemak lebih optimal, konsumsilah karbohidrat yang berasal dari sayur dan buah-buahan. Batasi konsumsi nasi putih dan tepung menjadi porsi yang lebih kecil.
source: http://beliberi.co.id/artikel/8-hormon-paling-berpengaruh-yang-menentukan-berat-badan-anda
Studi menunjukkan bahwa makan jeruk dapat menurunkan kadar insulin. Menurunkan kadar insulin setelah makan dapat membantu proses makanan dalam tubuh yang lebih cepat dan efisien. Ini berarti bahwa Anda akan membakar lebih banyak kalori dan menyimpan lebih sedikit lemak.
source: http://www.tipscaraterbaik.com/makanan-yang-membantu-meningkatkan-metabolisme-tubuh.html

Glukagon


Glukagon adalah hormon yang cara bekerjanya berlawanan dengan insulin. Insulin menyimpan karbohidrat dan membangun lemak, sedangkan glukagon bertugas untuk memecah karbohidrat dan lemak yang disimpan kemudian dilepaskan sehingga tubuh dapat menggunakannya sebagai energi.
source: http://www.thefitpost.com/foods-which-are-high-in-protein/
Konsumsi makanan tinggi protein dan rendah karbohidrat merupakan cara paling baik untuk memaksimalkan pelepasan glucagon.
source: http://wolipop.detik.com/read/2012/06/28/173630/1953450/849/8-hormon-paling-berpengaruh-yang-menentukan-berat-badan-anda

CCK


Kependekan dari Cholecystokinin, hormon ini dilepaskan dari sel-sel usus pada saat kita mengonsumsi protein atau lemak. Tidak hanya menetap di usus, hormon ini berkomunikasi dengan sistem syaraf untuk memberikan sinyal kenyang, dan juga bekerja sama dengan perut untuk memperlambat laju pencernaan. Maka kamu akan merasa kenyang lebih lama.
source: http://www.alexandramiddleton.com.au/eating-fat-does-not-make-you-fat/
Agar mendapatkan manfaat maksimal dari hormon ini, pastikan Anda mendapatkan protein dan lemak sehat dari setiap makanan yang dikonsumsi.
source: http://wolipop.detik.com/read/2012/06/28/173630/1953450/849/8-hormon-paling-berpengaruh-yang-menentukan-berat-badan-anda

Epinefrin


Dikenal sebagai fight hormone, epinefrin mendorong pembakaran lemak dan pelepasannya sebagai energi untuk tubuh. Epinefrin juga dapat membantu menekan nafsu makan.
source: http://www.chatelaine.com/health/how-to-balance-your-hormones-with-exercise/
Bagaimana agar Epinephrine bekerja maksimal? Jawabannya adalah olahraga; aktivitas fisik mendorong pelepasan Epinephrine dalam tubuh.
source: http://wolipop.detik.com/read/2012/06/28/173630/1953450/849/8-hormon-paling-berpengaruh-yang-menentukan-berat-badan-anda

Hormon Pertumbuhan


Dianggap sebagai kunci agar tetap awet muda, hormon pertumbuhan juga membantu menghilangkan lemak. Hormon ini berinteraksi dengan sel-sel lemak dan memerintahkan mereka untuk memecah serta membakar lemak yang tertimbun sebagai energi.
source: http://healthvotes.com/exercise-fitness/the-advantages-of-circuit-training/1275/
Lakukanlah olahraga secara teratur dan teratur dan tetap menjaga pola makan agar kandungan lemak dalam tubuh terjaga, dan produksi hormon pertumbuhan akan tetap terjaga dan Anda akan tampil awet muda dan mempunyai tinggi badan yang ideal.
source: http://www.mediapusat.com/2013/07/cara-memakasimalkan-produksi-hormon.html