Gejala kanker serviks pada tahapan dini dapat dikatakan sebagai silent killer. Kamu baru dapat mengetahui tanda-tanda kanker serviks ini jika sudah sampai stadium lanjut. Berikut ini kondisi tubuh wanita yang mengalami perubahan saat terinfeksi kanker serviks:
source: https://id.pinterest.com/

1. Contact Bleeding

Gejala seperti inilah yang sering dialami oleh penderita kanker mulu rahim, bahkan sekitar 70-80% dari penderita yang mengalami pendarahan pada alat kelamin mereka. Kondisi pendarahan ini dapat terjadi saat kamu berhubungan intim dan saat melakukan pemeriksaan ginekologi.

2. Rasa Nyeri

Wanita yang terinfeksi HPV akan mengalami rasa nyeri pada perut bagian bawah dan pinggang. Pada saat kamu sedang menstruasi, buang air besar atau kecil rasa sakit semakin parah, rasa sakit yang berpindah ini menyerang bagian atas, bagian panggul dan kaki bagian atas. Jika sudah menyentuh leher rahim akan menyebabkan keputihan dan mengalami nyeri lumbosakral, bahkan hingga mengalami gejala mual.

3. Cairan Vagina (Keputihan Abnormal)

Wanita yang mengalami kondisi keputihan abnormal sekitar 75-85% memiliki tahapan sekresi yang berbeda-beda, apalagi bila mengalami stimulasi tumor. Keputihan tidak normal seperti berbau dan berwarna yang akan menyebabkan gatal dan nyeri pada area kewanitaan dapat menjadi salah satu pertanda terjadinya kanker serviks.

4. Pendarahan Tidak Teratur pada Area Kewanitaan

Wanita yang mengalami menopause namun mengalami kram serta pendarahan dapat diduga salah satu tanda terjadinya kanker serviks. Jumlah pendarahan memang tidak banyak, bahkan tanpa mengalami rasa nyeri pada perut akan tetapi pada bagian pinggang.