source: http://www.tribunnews.com/lifestyle/2014/02/26/mempelai-pria-belum-ada-inilah-obsesi-pernikahan-kaum-mayoritas-wanita

1. Perawatan Wajah

Perawatan yang biasanya dilakukan calon pengantin sebelum pernikahannya yaitu perawatan wajah. Perawatan wajah yang biasa dilakukan oleh calon pengantin salah satunya adalah facial. Facial dapat membantu mengangkat sel kulit mati, membersihkan kotoran di wajah, menghaluskan kulit wajah, membuat wajah lembut bersinar dan tentunya tidak berjerawat. Ditambah dengan pijatan lembut yang membuat otot-otot wajah menjadi rileks dan terlihat lebih segar. Selain facial ada juga perawatan wajah lainnya yang biasa dilakukan oleh calon pengantin yaitu totok wajah. Manfaat dari totok wajah sendiri adalah dapat membuat otot wajah rileks, mampu menstimulasi lapisan kolagen sehingga dapat membuat kulit kencang, segar dan juga dapat membuat wajah terlihat cerah berseri. Untuk memperoleh hasil maksimal, lakukan perawatan ini sedikitnya satu kali dalam seminggu selama satu bulan sebelum pernikahan dilaksanakan.

2. Perawatan Tubuh

Tidak hanya sampai di wajah saja. Sebagai seorang calon pengantin juga harus melakukan perawatan pada tubuh. Perawatan tubuh untuk calon pengantin sebelum hari pernikahan umumnya adalah lulur dan scrubing seluruh tubuh. Tujuan melakukan perawatan ini adalah agar diperoleh kulit yang halus, lembab, bersinar dan untuk mencegah bau badan dan kulit yang kusam.

3. Ratus

Ratus atau penguapan adalah perawatan kecantikan yang khusus untuk area Miss V. Perawatan ini adalah perawatan yang sudah ada sejak jaman dahulu di Indonesia. Manfaat melakukan perawatan ini adalah untuk mencegah keputihan, membuat area Miss V menjadi bersih, harum, dan kesat.

4. Mandi Rempah

Perawatan selanjutnya yaitu mandi rempah. Biasanya dilakukan setelah melakukan perawatan lulur seluruh tubuh. Mandi rempah bertujuan untuk membuat tubuh menjadi lebih harum dan terbebas dari bau badan. Perawatan ini dapat dilakukan di rumah atau salon yang menyediakan perawatan ini. Jika ingin melakukan perawatan ini dirumah, cukup siapkan daun sirih, kunyit, dan kayu cendana lalu rendam di dalam bak berisi air hangat. Diamkan selama 10-15 menit lalu gunakan air tersebut untuk berendam selama 30 menit setelah luluran.