1. Menggunakan Sabun Batang

Tahukah kamu sebenarnya sabun batang mengandung bahan kimia keras yang bisa mengikis minyak alami kulit. Sabun batang bisa menyebabkan timbunan sel kulit mati dan membuat kulit ketat. Hindari sabun yang bebas sulfat dan gunakan sabun pembersih wajah mengandung gliserin dan allantoin untuk menenangkan dan melembapkan wajah.

2. Terlalu Banyak Pelembap

Kulit tidak berminyak bukan berarti harus menggunakan pelembab berlebihan agar wajah berminyak. Justru pelembab yang berlebihan bisa menutup pori-pori kulit yang bisa menimbulkan jerawat. Lebih baik gunakan serum yang mengandung glycolic atau lactic acid. Serum dapat menambah kelembapan dan menguncinya di dalam dan membuat lapisan pencegah dehidrasi.

3. Toner

Banyak wanita tidak memperhatikan kandungan yang terdapat pada toner. Biasanya toner akan membuat wajah semakin kering karena kandungan di dalamnya seperti alkohol dan ethanol. Bila ingin menggunakan toner pilih saja yang bebas alkohol.

4. Tidak Memakai Krim Malam

Malam hari menjadi waktu terbaik untuk kulit melakukan regenerasi. Oleh karena itu sangat penting menggunakan krim malam untuk kulit kering karena kulit tidak akan kehilangan minyak secara berlebihan. Gunakan krim malam secara teratur sebelum tidur.

5. Menggunakan Scrub Berlebihan

Scrub wajah tidak baik bila dilakukan terus menerus karena bisa membuat kulit radang. Scrub masih boleh dilakukan dengan jangka waktu pemakaian yang tepat. Hindari pembersih berbentuk gel dan banyak mengandung sulfat karena sifatnya keras dan mengurangi kelembapan kulit.

6. Sering Menggunakan Air Panas

Sering mandi air panas bisa membuat kulit semakin kering. Bila ingin tetap menggunakan air panas, sebelum mandi usapkan minyak kelapa atau minyak zaitun pada area tubuh sambil dipijat. Kemudian baru mandi menggunakan air hangat.

7. Wajah Polos

Setelah cuci muka terkadang banyak wanita mengabaikan menggunakan pelembap untuk mengistirahatkan wajah. Untuk kulit kering sebaiknya setelah cuci muka langsung gunakan pelembap, serum atau toner. Kulit tidak bisa dibiarkan kering yang bisa mengakibatkan dehidrasi.