1. Bahan Baju

Baju yang terlalu ketat dan berbahan lycra dan polyester menyebabkan timbulnya jerawat punggung. Pasalnya bahan tersebut tidak dapat menyerap keringat dengan baik. Keringat menjadi salah satu penyebab jerawat yang bisa menjadi bakteri punggung. Sebaiknya pilih baju berbahan linen sehingga tidak mudah panas serta pilih baju yang longgar.
source: http://bajumodelbaru.com/blog/hal-hal-yang-perlu-diperhatikan-dalam-memilih-pakaian

2. Kondisioner

Memiliki rambut panjang tentu memerlukan perawatan khusus. Salah satunya dengan memakai kondisioner setelah keramas. Tapi, hati-hati kondisioner bisa menyebabkan timbulnya jerawat punggung. Kandungan silikon pada kondisioner untuk rambut berkilau bila terpapar pada tubuh dapat menimbulkan jerawat. Sebaiknya bilas rambut setelah menggunakan kondisioner dan bersihkan tubuh terutama punggung dengan sabun.

3. Keringat

Keringat yang berlebihan terutama setelah olahraga dapat menyebabkan jerawat. Jerawat mudah muncul pada tubuh yang lembab akibat keringat berlebihan. Bila setelah olahraga tidak bisa segera mandi sediakan tisu basah untuk membersihkan tubuh yang rentan berjerawat.

4. Tas yang Terlalu Berat

Membawa tas yang terlalu berat terutama tas selempang atau tas punggung dapat memicu munculnya jerawat. Tas yang terlalu berat membuat keringat terjebak di sekitar pundak. Pilih juga tali selempang yang permukaannya lebih tipis agar lebih nyaman.

5. Pelembut Pakaian

Pelembut pakaian akan semakin membuat punggung berjerawat terutama untuk kulit sensitif. Untuk itu hindari mencuci baju dengan pelembut pakaian cukup menggunakan deterjen saja. Pelembut pakaian mengandung zat kimia yang membuat iritasi kulit.

6. Parfum yang Tidak Cocok

Beberapa bagian tubuh lain yang bisa menimbulkan jerawat adalah leher. Hal ini disebabkan karena parfum yang disemprotkan langsung berefek pada kulit terutama untuk kulit sensitif. Parfum terbuat dari bahan kimia yang dapat membakar kulit. Untuk itu hati-hati memilih parfum terutama untuk kulit sensitif.