source: http://skinwhite.com.ph/common-skin-problems-and-solutions/http://skinwhite.com.ph/common-skin-problems-and-solutions/
Untuk menghilangkan komedo kamu dapat menggunakan beberapa bahan yang biasa kamu temui di rumah. Penasaran? Berikut ini tips mudah menghilangkan komedo dengan bahan-bahan tersebut:

1. Garam

source: https://fyi.uwex.edu/safepreserving/2014/08/29/safe-preserving-do-i-have-to-add-salt/
Cara menghilangkan komedo menggunakan garam yaitu dengan mencampur garam dan air lalu basuh air campuran tersebut ke wajah. Namun sebelumnya, cuci wajah terlebih dahulu menggunakan air hangat. Lakukan perawatan ini minimal satu kali dalam sehari. Garam dipercaya mampu mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah.

2. Putih Telur

source: http://www.jaffangroup.com/DetailsProducts.aspx?ID=11
Cara kedua menghilangkan komedo yaitu dengan menggunakan putih telur. Pertama-tama pisahkan putih telur dari kuningnya lalu masukkan ke dalam wadah atau mangkuk. Setelah itu, aplikasikan putih telur ke bagian wajah yang ada komedonya. Diamkan selama 30 menit atau sampa terasa mengering. Kemudian bilas hingga bersih. Atau kamu juga bisa mengocok putih telur terlebih dahulu hingga berbusa. Lalu aplikasikan pada wajah yang ada komedonya saja. Setelah itu, segera tutup dengan tisu atau kapas. Diamkan sampai kering, lalu angkat tisu atau kapas secara perlahan-lahan. Dan lihatlah berapa banyak komedo yang berhasil diangkat dari wajahmu.

3. Air Lemon

source: https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_lemon_dishes_and_beverages
Lemon dipercaya efektif mengurangi minyak berlebih pada wajah, termasuk menghilangkan komedo. Caranya sangat mudah yaitu dengan memeras lemon lalu oleskan airnya pada bagian wajah yang berkomedo. Kamu juga bisa melakukan cara ini setiap hari dan lebih baik jika dilakukan di pagi hari. Namun, untuk kamu pemilik kulit sensitif disarankan untuk tidak menggunakan cara ini, ya.

4. Pasta Gigi

source: http://www.toothpastenipple.com/2012/05/stores-limiting-the-amount-of-toothpaste-you-can-buy/
Pasta gigi bukan hanya untuk menghilangkan kotoran pada gigi, tapi dapat digunakan untuk menghilangkan komeda pada wajah juga, lho. Caranya, ambil pasta gigi sedikit atau secukupnya, kemudian oleskan pasta gigi pada wajah yang berkomedo. Diamkan beberapa menit kemudian bilas menggunakan air hingga bersih.