Bulgogi merupakan menu masakan Korea yang mungkin cukup familiar di lidah kita. Tak jarang, restoran maupun cafe menyelipkan menu ini dalam daftar menu makanannya karena rasanya yang cocok bagi kebanyakan orang, tak terkecuali orang Indonesia. Di Indonesia, umumnya bulgogi disajikan dengan nasi putih sebagai pendampingnya.
source: http://www.recipeshubs.com/korean-bbq-make-bulgogi-at-home/2767
Kata bulgogi sendiri berarti adalah daging yang dimasak dengan api. Daging yang diiris tipis-tipis biasanya direndam dengan bumbu-bumbu terlebih dulu, kemudian dibakar di atas panggangan atau ditumis dengan panci datar. Racikan bumbu rendaman bulgogi ini sendiri bermacam-macam, namun pada umumnya menggunakan kecap asin, bawang putih, gula, minyak, bawang bombay, daun bawang, merica hitam, dll.

Ya, racikan bumbu yang meresap ke dalam daging inilah yang menjadi rahasia mengapa bulgogi begitu dicintai orang-orang di seluruh dunia. Selain rasanya yang lezat, bulgogi yang kerap disebut sebagai BBQ Korea ini juga cocok untuk santapan keluarga di restoran, karena bulgogi umumnya disajikan dengan berbagai macam makanan pendamping seperti kimchi dan sayuran. Kamu bisa makan bulgogi langsung begitu saja, atau digulung dengan daun selada mentah yang diisi dengan kimchi, sayuran, dan saus.
source: http://www.denverpost.com/restaurants/ci_27094666/seoul-food-at-dae-gee-arvada-pig-out
Bulgogi juga terkenal di negara-negara lain di luar Korea. Walaupun awalnya muncul dari negeri Ginseng, kepopuleran bulgogi juga telah merambah Jepang dan Cina sejak lama. Di Jepang, bulgogi juga disebut dengan yakiniku. Namun yakiniku di Jepang telah dimodifikasi dan disesuaikan dengan lidah orang Jepang sehingga memiliki rasa yang berbeda.
Tak hanya disajikan sebagai masakan autentik Korea, kepopuleran bulgogi juga sudah merambah dunia internasional. Banyak restoran fast food asal Korea yang telah menyajikan hamburger dengan rasa bulgogi. Biasanya, daging burger akan direndam dengan saus bulgogi, dan disajikan dengan daun selada, tomat, dan bawang bombay. Ada pula hamburger rasa bulgogi yang disajikan dengan kimchi, lho.
source: http://aht.seriouseats.com/archives/2012/07/burger-topping-week-sweet-barbecue-kim-cheese-burgers.html
Tak hanya itu, bulgogi juga cocok dimakan bersama roti. Buktinya, stand makanan yang dikabarkan menjual bulgogi steak baguette di depan Stadion Emirates yang menjadi markas klub Arsenal laris manis. Ini membuktikan bahwa orang Barat pun menyukai kelezatan bulgogi.
Kalau diperhatikan, semakin banyak pula restoran Korea di Indonesia yang menyajikan BBQ dengan pipa penyedot asap di atasnya. Ya, berarti itulah salah satu restoran yang juga menjual bulgogi. Apakah kamu sudah pernah mencoba makan bulgogi?