1. Hindari Sabun

Mencuci miss V dengan sabun justru bisa mengganggu keseimbangan PH yang menyebabkan iritasi, infeksi dan bau tidak sedap. Miss V memiliki PH kisaran 3,5 sampai 4,5. Cukup bersihkan saja dengan air bersih. Bila ingin menggunakan sabun pilih sabun khusus kewanitaan dengan PH yang sesuai.

2. Cara Membasuh yang Tepat

Saat buang air kecil atau besar disarankan untuk membasuh miss V dari depan ke belakang. Untuk mengurangi resiko iritasi atau masuknya bakteri dari anus ke vagina. Pilih juga celana dalam berbahan katun agar mudah menyerap keringat dan kelembapan dapat terjaga.

3. Buang Air Kecil Setelah Berhubungan Intim

Buang air kecil setelah berhubungan intim dapat membersihkan vagina dari bakteri yang menempel. Kemudian bersihkan juga area miss V secara intens dalam 20 menit untuk menghindari terjadinya infeksi. Bersihkan miss V dengan cara yang tepat.

4. Yogurt

Konsumsi yogurt bisa membantu mengatasi miss V tidak sedap. Yogurt juga dapat mengatasi infeksi bakteri atau jamur yang membuat vagina menimbulkan bau tidak sedap. Selain itu yogurt mengandung lactobacillus untuk mengembalikan PH vagina ke tingkat normal.

5. Konsumsi Buah

Konsumsi buah seperti nanas, stroberi, cranberries dapat menetralisir bau tidak sedap dari vagina. Selain itu konsumsi buah yang memiliki kandungan air tinggi dapat menghidrasi tubuh sehingga dapat membersihkan tubuh dari segala racun yang masuk.