1. Interval Waktu

Setiap metode yang dipilih memiliki jangka waktu yang berbeda-beda. Metode shaving misalnya lebih cepat bisa tiga hari sekali bahkan setiap hari. Washing bisa dilakukan lebih lama setiap 3-6 minggu sekali. Untuk yang lebih permanen bisa menggunakan metode laser karena tekniknya menonaktifkan bulu. Namun metode ini bisa dilakukan 5 sampai 8 kali perawatan dan membutuhkan biaya mahal. Sedangkan metode krim bisa satu sampai dua minggu sekali.

2. Kondisi Kulit

Sebelum menghilangkan bulu perhatikan kondisi kulit, warna kulit, waktu yang dibutuhkan dan biayanya. Bisa jadi metode yang dipilih tidak hanya dilakukan sekali dan membutuhkan biaya besar. Bila memilih metode laser konsultasikan terlebih dahulu kepada orang yang berkompeten agar tidak menimbulkan masalah kulit.

3. Kulit Iritasi

Hati-hati untuk pemilik kulit yang sensitif. Beberapa metode tertentu biasanya tidak dianjurkan sebagai penghilang bulu. Kulit yang sedang iritasi, sunburn, tunning atau luka tidak diperbolehkan untuk melakukan penghilang bulu.

4. Efek Samping

Kenali beberapa efek yang ditimbulkan setelah menghilangkan bulu. Waxing bisa menyebabkan nyeri, kemerahan, bengkak, iritasi dan infeksi. Waxing juga bisa melukai kulit bila lapisan kulit atas ikut terangkat. Metode cabut juga bisa membuat pori-pori terbuka dan luka.

5. Hiperpigmentasi

Meskipun bisa menonaktifkan bulu, namun hati-hati bila memilih metode laser. Karena bisa terjadi hiperpigmentasi (kulit lebih gelap dari kulit normal) dan hipopigmentasi (kulit lebih putih dari kulit normal) setelah laser. Konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kulit sebelum menghilangkan bulu dengan laser.

6. Alergi

Tidak semua kulit cocok menggunakan metode krim penghilang bulu. Beberapa kulit mungkin alergi terhadap bahan yang digunakan. Untuk menghilangkan bulu menggunakan krim sebaiknya lakukan tes reaksi kulit terlebih dahulu. Oleskan krim pada area kulit selama beberapa jam untuk memastikan tidak ada rasa gatal atau perih yang timbul. Jangan lanjutan bila tanda-tanda tersebut muncul.