1. Jalan Kaki

Jalan kaki termasuk salah satu olahraga yang dianjurkan. Kamu bisa melakukannya saat pagi hari dengan menghirup udara segar, ataupun sore hari. Jalan kaki dapat melemaskan otot dan persendian serta melancarkan peredaran darah.

2. Yoga

Salah satu gerakan yoga yaitu pernapasan dalam yang dikombinasikan dengan gerakan asana tertentu juga membantu meredakan otot yang kaku. Namun beberapa dokter melarang gerakan yoga yang melibatkan kekuatan fisik. Kamu bisa meminta bantuan instruktur yoga untuk gerakan yang lebih ringan agar tidak memperparah nyeri otot.

3. Peregangan

Latihan peregangan justru lebih mudah dilakukan bahkan bisa dilakukan di rumah. Peregangan dapat melemaskan bagian-bagian tubuh yang kaku dan memperlancar peredaran darah. Lakukan peregangan ringan cukup 1 menit.

4. Berenang

Beberapa dokter menyarankan olahraga renang untuk penderita osteoarthritis atau penyakit sendi. Berenang atau olahraga air lainnya merupakan aktivitas tahan gravitasi dan mampu mengurangi masalah sendi.

5. Pilates

Untuk mengatasi nyeri punggung bagian bawah dapat melakukan pilates. Pilates dapat membantu melatih kekuatan tubuh. Pilates merupakan salah satu bentuk latihan terbaik bila dilakukan dibawah pengawasan ahli.