1. Mengizinkan Orang Lain Membangun Mimpimu

Di dalam hidup kita pasti mempunyai keinginan atau mimpi yang ingin dicapai di masa depan. Terkadang kita membiarkan orang lain masuk ke dalam hidup kita dan mengizinkannya turut campur dalam membangun mimpi kamu. Kamu berhak menentukan pilihan dalam hidup kamu dan apapun tujuan hidup kamu yang ingin diperjuangkan.

2. Tidak Menjadi Diri Sendiri, Demi Membahagiakan Orang Lain

Kita mungkin kadang lebih senang menyenangkan orang lain dan menomorduakan kebahagiaan diri kita sendiri. Kita berusaha semaksimal mungkin, bahkan sampai tidak menjadi diri sendiri. Kita tidak bisa membahagiakan semua orang, suatu hal yang mustahil jika kamu kamu bisa memenuhi harapan dan keinginan setiap orang. Jika kamu terus memiliki kebiasaan seperti ini, kapan waktunya kamu membahagiakan diri sendiri. Untuk dapat membahagiakan orang lain, kamu harus dapat membuat dirimu sendiri bahagia, lho.

3. Mudah Menyerah

Saat kita menjalani hidup ini, pasti akan dihadapkan dengan masalah. Setiap orang memiliki masalahnya masing-masing. Kita harus berjuang dalam menghadapi masalah kita dan tidak bergantung dengan orang lain untuk menyelesaikannya. Gigih berusaha dan tidak mudah menyerah akan membuahkan hasil seperti yang kita inginkan.

4. Menetap di Zona Nyaman

Terlalu lama tinggal di zona nyaman, tidak akan membuat kemampuan kamu berkembang. Ambilah risiko untuk kehidupan yang lebih baik di masa mendatang. Kalau belum dicoba, kita tidak akan pernah tahu apakah kita mampu menghadapi tantangan. Kehidupan serta pelajaran baru dapat kamu peroleh jika kamu mau meninggalkan zona nyaman kamu, dengan begitu kemampuan kamu akan meningkat. Hal ini bisa jadi sesuatu nilai yang positif untuk hidup kamu.

5. Tidak Mau Move On

Buat kamu yang masih terus teringat dengan hal-hal buruk di masa lalu, itu menjadi masalah di kehidupanmu yang sekarang. Manusia pasti tidak akan luput dari kesalahan yang pernah dibuat dan terjadi di masa lalu. Namun akan lebih baik jika kamu memperbaikinya dan menjadikan pelajaran dari kesalahan yang lalu, sehingga tidak melakukan kesalahan yang sama di masa mendatang.
Jadi, belum terlambat untuk berubah sekarang untuk menjalani kehidupan kamu yang lebih baik.