source: http://manfaatnyasehat.com/cara-merawat-dan-menjaga-kesehatan-kulit/

1. Mencukupi Kebutuhan Air dalam Tubuh

Tubuh kita terdiri dari 60% air. Tubuh juga memiliki ukuran seberapa banyak air yang dibutuhkan. Kurang mengonsumsi air putih tidak baik bagi tubuh, termasuk pada kulit. Kulit akan terlihat kusam dan menjadi kering bila asupan air putih ke dalam tubuh kurang. Kebiasaan banyak mengonsumsi air putih memberi banyak manfaat bagi tubuh, diantaranya dapat membuat kulit lembab dan bercahaya. Bisa juga ditambah dengan mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air.

2. Bersikap Sedikit Pemilih pada Makanan

Kurangi gula dan perbanyak mengonsumsi makanan seperti ikan, sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan dan makanan yang mengandung banyak serat. Mengurangi konsumsi gula merupakan hal yang baik bagi kesehatan kulit. Pasalnya, gula yang dikonsumsi secara berlebih dapat merusak kolagen dan elastin. Tentu hal ini tidak baik bagi kulit. Pilih dan perbanyak konsumsi makanan yang mengadung serat. Selain itu, sayuran dan buah-buahan Selain melancarkan metabolisme juga dapat menjaga berat badan dengan baik.

3. Teliti Saat Membersihkan Wajah

Kebiasaan baik selanjutnya yaitu rutin membersihkan wajah dari makeup ataupun kotoran dan polusi. Bersihkan berbagai kotoran yang menempel di wajah setiap malam dengan melakukan dua kali pembersihan. Yang pertama menggunakan pembersih wajah terlebih dahulu untuk menghapus makeup maupun mengangkat kotoran dan polusi. Selanjutnya baru membersihkan wajah menggunakan pembersih wajah atau facial foam. Sedangkan di pagi hari, ganti sabun wajah atau facial foam dengan face toner untuk membersihkan wajah. Terlalu sering membersihkan wajah juga dapat mengganggu keseimbangan dan kadar kelembaban kulit, sehingga dapat menyebabkan berlebihnya produksi minyak di wajah. Sedangkan face toner membersihkan wajah lebih ringan sekaligus menyegarkan kulit. Pilih face toner yang cocok dengan kulitmu.

4. Tahu Kapan & Cara Untuk Eksfoliasi Kulit

Tujuan eksfoliasi kulit atau pengelupasan kulit adalah untuk mengangkat sel kulit mati. Lakukan eksfoliasi secara teratur untuk memperolah kulit yang bersinar dan tampak awet muda. Jangan lakukan setiap hari, cukup beberapa kali dalam seminggu.

5. Selalu Memastikan Kondisi Kulit Dalam Keadaan Lembab

Selain rajin mengonsumsi air putih, buah-buahan dan sayuran, asupan nutrisi dari luar pun juga diperhatikan. Contohnya dengan rajin mengaplikasikan pelembab kulit dari wajah hingga ke seluruh tubuh. Pastikan pelembab kulit wajah dan kulit tubuh berbeda, ya, agar mendapat hasil yang maksimal. Aplikasikan pelembab di pagi hari maupun malam hari untuk selalu memberi nutrisi pada kulit. Atau di saat kulit terasa kering segeralah aplikasikan pelembab pada area kulit tersebut. Pastikan kondisi kulit selalu dalam keadaan lembab.

6. Olahraga

Melakukan olahraga secara rutin tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh, tapi juga baik bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Tidak perlu melakukan gym, kamu bisa melakukan olahraga yang sederhana saja dan gratis, misalnya latihan cardio. Yang terpenting adalah konsisten dalam menjalankannya.