Kafein dan Alkohol


Bagi kamu pecinta kopi dan minuman berkafein, perhatikan waktu mengonsumsi dan takarannya. Jangan berlebihan ya, Minasan. Sedangkan mengonsumsi alkohol bisa mengganggu metabolisme tubuh, sehingga juga berpengaruh pada kesehatan kulit.
source: http://fatmyway.blogspot.com/2012/09/apa-jadinya-hidup-ini-jika-melulu.html
Penelitian menunjukkan kalau kopi dan alkohol dapat berdampak buruk pada kesehatan kulit. Stimulan kafein ternyata merangsang kelenjar minyak pada kulit lebih aktif. Ini salah satu pemicu munculnya komedo, terutama di daerah T, yaitu dahi, hidung, dan dagu. Sedangkan alkohol akan memengaruhi pola tidur Anda. Ini juga berpengaruh buruk pada kondisi kulit.
source: http://www.kecantikan.web.id/perawatan-wajah/inilah-4-penyebab-komedo.htm

Merokok


Tak hanya racun di dalam rokok yang masuk ke dalam tubuh, asap rokok pun bisa berdampak buruk bagi kulit kita.
source: http://drugpillstore.blogspot.com/
Merokok tidak hanya menghalangi pori-pori, menyebabkan jerawat tapi juga menghalangi pengobatan yang efektif akan komedo dan yang berhubungan dengan masalah kulit lainnya. Ahli mengatakan, asap rokok mengandung partikel halus dari tar, abu, dan bahan kimia yang tak terhitung jumlahnya dan bisa merusak permukaan kulit, yang menyebabkan Anda untuk memiliki lebih banyak sel mati dan pori-pori tersumbat. Jadi sebaiknya Anda menghentikan kontribusi yang bisa menyebabkan masalah kesehatan buruk lainnya.
source: http://felisblog.com/kebiasaan-umum-penyebab-komedo/

Kosmetik


Tidak selalu kosmetik yang mengandung bahan berbahaya dapat menimbulkan komedo. Maka dari itu, perhatikan komposisi kosmetik sebelum membeli ya! Terutama kosmetik yang mengandung bahan comedogenic. Hindari penggunaan kosmetik secara berlebihan, dan perhatikan masa kedaluwarsanya.
source: http://elfadely.blogspot.com/2014/10/cosmetic-products.html
Produk yang dapat menimbulkan komedo adalah susu pembersih, sampo berbahan ginseng, alas bedak, tabir surya, bedak padat serta kondisioner. Sangat perlu diketahui, jika bedak padat adalah produk yang mengandung zat comedogenic paling tinggi. Terlalu sering menggunakan bedak padat, tak hanya komedo, tapi juga dapat memunculkan jerawat pada wajah.
source: http://www.initips.com/2014/05/penyebab-dan-cara-menghilangkan-komedo.html

Malas Membersihkan Wajah


Ini adalah masalah awal penyebab komedo! Biasakan untuk mencuci tangan dan membersihkan wajah setelah beraktifitas. Jangan tidur dengan wajah dalam kondisi masih menggunakan make up, karena ini tidak hanya dapat menimbulkan komedo, tetapi juga jerawat!
source: https://www.swaagbox.com/blog/page/3/
Tidur dengan riasan adalah kejahatan bagi kulit wajah yang semua wanita harus tahu. Make up yang dipakai lebih dari 8 jam juga dapat menyebabkan pori-pori tersumbat, kotoran berkumpul, tanpa sirkulasi oksigen dalam pori kulit. Juga perhatikanlah pelbagai kandungan kosmetik yang Anda pakai. Percayalah, bahan- bahan alami aman untuk Anda.
source: http://thinkmykaid.blogspot.com/2014/12/penyebab-komedo-pada-wajah-cantik.html

Faktor Makanan


Perhatikan asupan makanan. Hindari berlebihan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi, karena sudah jelas ini akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh dan wajahmu.
source: http://thewestsidestory.net/2014/06/07/12369/fatty-high-cholesterol-foods-may-cause-heart-problems/
Kurangi makan dan minuman yang mengandung banyak kalori, karbohidrat, lemak, dan makanan pedas. Sebaliknya, beralihlah pada kacang-kacangan yang mengandung protein tinggi, jangan lupa juga konsumsi buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin dan antioksidan.
source: http://www.ohjerawat.com/penyebab-komedo-dan-cara-mengatasinya.html
Jangan tunda untuk memulai kebiasaan baik, ya. Semoga tips di atas bermanfaat, Minasan!