1. Bersihkan Kuku

Sebelum memulaskan cat kuku sebaiknya bersihkan kuku terlebih dahulu. Bila perlu rapikan dan bentuk kuku dengan baik. Kemudian buat jus lemon. Rendam kuku pada jus lemon selama 10 menit. Jus lemon dapat membuat permukaan kuku bersih dan kering. Sehingga cat kuku bisa lebih menempel dalam sekali pulasan.
source: https://www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/health-benefits-of-lemon.html

2. Base Coat

Aplikasikan juga base coat sebelum menggunakan cat kuku. Gunakan sampai ke bagian ujung kuku. Karena umumnya cat kuku terkelupas mulai dari ujung kuku. Base coat dapat melindungi kuku dari bahan kimia yang terdapat pada cat kuku. Selain itu base coat dapat membuat warna kuku tahan lama.
source: http://www.hairhousewarehouse.com.au/hair-care/base-coat-plus-nicole-by-opi.aspx

3. Mengecat Kuku

Sebelum menggunakan cat kuku berwarna biarkan base coat mengering. Agar warna cat kuku lebih hidup pulaskan base coat hingga tiga kali. Baru kemudian pulaskan cat kuku berwarna. Cara yang tepat pulaskan dari bagian bawah ke atas agar kuku tahan terhadap goresan.
source: http://www.merdeka.com/gaya/tutorial-nail-art-manis-bergaya-permen.html

4. Top Coat

Biarkan cat kuku mengering. Pulaskan top coat hingga melapisi seluruh bagian kuku. Top coat dapat melindungi warna pada cat kuku agar lebih tahan lama. Top coat juga tersedia dengan jenis glossy. Namun, bila kamu terburu-buru rendam kuku pada air dingin agar cepat kering.
source: http://www.lookfantastic.com/opi-duo-base-coat-top-coat-value-pack/10647916.html

5. Hindari Hal-Hal yang Merusak Cat Kuku

Hati-hati saat menggunakan parfum dan hair spray. Pasalnya minyak wangi dan hair spray mengandung bahan kimia yang sama dengan penghapus cat kuku. Segera bersihkan kuku bila memang terkena parfum.
source: http://blog.lazada.co.id/tips-memilih-jenis-parfum-perbedaan-edp-edtedc/