1. Primer

Primer dibuat dengan berbagai warna menyesuaikan warna kulit. Bila kulit cenderung kusam pilih primer warna pink atau ungu pastel untuk mencerahkan wajah. Primer hijau bisa menetralkan kemerahan akibat jerawat.

2. Tuang Sedikit

Cara menggunakan primer sebaiknya keluarkan sedikit dari tempatnya sebesar butiran kacang. Bila terlalu banyak justru membuat alas bedak menggumpal sehingga membuat wajah tampak berat. Pijat lembut dan baurkan hingga merata.

3. Area Mata

Oleskan primer pada area mata dan kelopak mata juga. Primer dapat berfungsi menghaluskan wajah yang tidak rata dan menyerap minyak yang berlebihan pada wajah sehingga makeup tidak berantakan.

4. Wajah Berjerawat

Bila wajah berjerawat bisa memilih primer yang khusus untuk kulit berjerawat. Jika sudah menggunakan primer khusus tidak perlu lagi menggunakan obat jerawat. Karena terlalu banyak kosmetik justru membuat kulit semakin parah dan jerawat meradang.

5. Bedak Tabur

Setelah menggunakan primer kemudian oleskan foundation lalu bedak tabur. Bedak tabur dapat menyerap kandungan air pada makeup dan silikon pada primer sehingga riasan wajah tidak luntur. Ingat tahapan menggunakan primer sangat penting untuk hasil yang maksimal.