Putih Telur


Tidak perlu biaya mahal untuk menjaga kulitmu tetap cantik ya, kamu bisa dapatkan manfaat luar biasa dari sebutir terlur. Putih telur bermanfaat membersihkan pori-pori wajah dari kotoran yang menempel dan sulit dibersihkan.
source: http://www.topinspired.com/top-10-ways-to-reverse-stretch-marks/
Caranya: ambil putih telur mentah dan oleskan di bagian hidung atau bagian lainnya yang terdapat komedo. Setelah itu, tutup bagian yang sudah diolesi putih telur tadi dengan menggunakan kertas tisu. Tunggu hingga putih telur dan kertas tisu mengering selama kurang lebih 20 menit. Setelah mengering, angkat kertas tisu. Saat kertas tisu diangkat, komedo-komedo akan terangkat dan menempel pada kertas tisu.
source: http://www.cantikalamiku.com/cara-menghilangkan-komedo-di-hidung-dengan-bahan-alami/

Oat


Oatmeal atau havermout dapat membantu menyerap minyak berlebih pada wajah. Selain itu butirannya yang menyerupai scrub akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati sekaligus menyingkirkan komedo dari wajah.
source: http://obstakels.com/2014/11/27/holy-havermout/
Bahan gandum selain bermanfaat untuk menyedot minyak berlebihan pada kulit juga bermanfaat untuk mengatasi komedo dari kulit. Cara menghilangkan komedo pada wajah dengan oat adalah dengan cara memijat campuran oat dan air pada wajah secara menyeluruh untuk melepas sel-sel kulit mati sekaligus melancarkan aliran darah di wajah.
source: http://blissguild.blogspot.com/2014/01/14-cara-menghilangkan-komedo-6.html

Es Batu


Cara mudah dan murah merawat wajah. Bahan yang satu ini memiliki banyak manfaat untuk wajah, salah satunya mengurangi kadar minyak dan mengecilkan pori-pori wajah. Tapi pastikan air yang kalian gunakan untuk membuat es batu adalah air bersih ya, Minasan!
source: http://www.princessrhie.com/2014/02/cara-alami-menghilangkan-lingkaran.html
Rawat wajah dengan menggunakan es batu supaya pori-pori wajah kamu mengecil. Pori pori yang besar memungkinkan kotoran-kotoran mudah menempel di wajah kamu. Cara merawat wajah dengan es batu adalah tempelkan es batu pada bagian berkomedo 5-10 menit. Itulah beberapa tips menghilangkan komedo hitam dan komedo putih.
source: http://www.duniatips.com/kecantikan/tips-menghilangkan-komedo

Air Garam


Garam memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, tak terkecuali pada wajah. Kandungan pada garam dapat membantu membuka pori-pori kulit dan mengangkat sel kulit mati, sehingga bisa menghilangkan komedo yang menyumbat pori-pori kulit.
source: http://nyata.co.id/konsultasi/berkumur-air-garam-mengatasi-amandel/
Cara menghilangkan komedo dari wajah juga bisa menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam. Fungsi air hangat adalah untuk membuka pori-pori kulit, sedangkan fungsi garam untuk melepas komedo dari balik kulit. Setelah membersihkan wajah, basuhlah dengan menggunakan air dingin sebagai penutup.
source: http://blissguild.blogspot.com/2014/01/14-cara-menghilangkan-komedo-6.html

Jeruk Nipis & Lemon


Baik jeruk nipis maupun lemon memiliki kandungan vitamin C tinggi yang baik untuk kesehatan kulit. Dalam hal membersihkan komedo, kedua buah ini bisa membantu mengurangi kadar minyak dan membersihkan pori-pori wajah.
source: http://www.rebootwithjoe.com/lemon-lime/
Jeruk Nipis atau Lemon kaya akan Vitamin C, di dalamnya yang dapat membantu mengurangi kadar minyak yang keluar berlebih dari wajah kita, dapat membersihkan sel-sek kulit mati dan membuat wajah menjadi lebih bersih. Caranya: Usapkan air perasan jeruk nipis atau lemon pada daerah wajah yang berkomedo. Diamkan air perasan tersebut hingga semalam, Lalu paginya cuci wajah Anda dengan air yang bersih.
source: http://viminim.blogspot.com/2013/12/cara-menghilangkan-komedo-secara-alami.html

Uap Air Panas


Uap air membantu membuka pori-pori wajah sehingga menjadi mudah dibersihkan. Terutama untuk komedo, penting sekali membuka pori-pori wajah sebelum membersihkannya untuk mengurangi iritasi yang mungkin terjadi.
source: http://whyiuseessentialoils.blogspot.com/
source: http://whyiuseessentialoils.blogspot.com/
Cara pakai: Rebus air hingga mendidih, Masukan air mendidih tersebut kedalam wadah/baskom. Hadapkan wajah Anda ke wadah, lakukan selama 3-5 menit. Tekan (pinch) bagian hidung kamu yang ada komedonya. Saat komedonya sudah keluar, bersihkan wajah dengan handuk bersih. Kamu boleh ulangi prosedur di atas tiap hari.
source: http://www.sayacantik.com/cara-menghilangkan-komedo/#alami
Nah, tidak sulit kan? Semua bahan bisa kamu dapatkan dengan mudah. Pilih salah satu yang menurutmu paling sesuai dan jangan lupa untuk melakukan perawatan tersebut secara rutin. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, Minasan!