Perawatan Kulit ala Orang Korea

Perawatan kulit khas orang Korea sangat kompleks dan beragam jenisnya, tergantung dari tujuan yang dicapai. Seseorang bisa menggunakan 10-20 jenis produk yang berbeda, namun jumlah dan urutannya bisa berbeda saat digunakan di siang maupun malam hari. Bagi kamu yang belum familiar terhadap perawatan kulit orang Korea, tentu akan merasa bingung dan ragu menggunakan produk sebanyak itu pada wajah. Tapi coba perhatikan wajah orang maupun artis-artis Korea. Kulitnya indah dan wajahnya terlihat lebih awet muda, kan?
source: http://www.wishtrend.com/glam/how-to-do-the-korean-skincare-routine/
Pada dasarnya, produk skincare Korea dimulai dari produk dengan konsistensi paling cair kemudian diakhiri dengan produk berkonsistensi paling kental/creamy. Tentunya dimulai dari membersihkan wajah terlebih dulu. Di malam hari, produk yang digunakan lebih banyak karena kamu harus membersihkan sisa-sisa makeup, kotoran, dan debu yang menempel secara mendalam. Produk skincare juga akan menyerap lebih baik saat tidur di malam hari, sehingga penggunakan masker juga ditambahkan di malam hari untuk efek maksimal.
source: http://www.wishtrend.com/glam/how-to-do-the-korean-skincare-routine/

Urutan Penggunaan Produk Skincare Korea

1. CLEANSING

Proses cleansing penting untuk dilakukan khususnya di malam hari. Walaupun kamu tidak menggunakan makeup, sebum dan kotoran yang menempel pada kulitmu bisa menyebabkan jerawat dan komedo jika tidak dibersihkan secara mendalam. Kamu dapat mengangkat itu semua dengan oil cleanser, kemudian diikuti dengan foam cleanser untuk membersihkan sisa-sisa kotoran secara lebih menyeluruh. Tahap ini juga penting karena foam cleanser dapat mengembalikan pH kulit menjadi seimbang tanpa mengangkat minyak alami yang dihasilkan kulit.
source: http://www.wishtrade.net/klairs-gentle-black-deep-cleansing-oil-review/
Saat membersihkan wajah dengan foam cleanser, bisa juga digunakan cleansing brush seperti pore brush, konjac sponge, atau alat pembersih lain yang dapat mengangkat kotoran secara menyeluruh.
source: http://porebrush.com/shop/porebrush-classic/
2. TONING

Toner dari produk kecantikan Amerika umumnya mengandung alkohol dalam jumlah tinggi. Sedangkan toner Korea umumnya mengandung bahan-bahan yang melembapkan dan mengencangkan kulit untuk mempersiapkan kondisi kulit agar mampu menyerap produk skincare yang digunakan nantinya. Biasanya konsistensinya sedikit lebih kental dari air dan mengandung bahan-bahan yang melembapkan seperti hyaluronic acid, witch hazel, aloe vera extract, dll.
source: http://www.innisfreeworld.com/m/product/productView.do?eventSeq=0&prdSeq=10010
3. ESSENCE

Ada dua jenis essence yang umumnya digunakan oleh orang Korea, yaitu first essence dan essence reguler. Kedua jenis essence ini memang mirip dan sama-sama bertekstur cair sehingga cepat menyerap ke dalam kulit. Produk essence umumnya juga mengandung bahan-bahan yang bernutrisi bagi kulitmu dan dapat meningkatkan efektivitas produk-produk skincare yang digunakan setelahnya. Tak semua orang Korea menggunakan first essence, namun essence yang regular tetap menjadi bagian dalam produk kecantikan yang wajib digunakan di Korea.
source: http://www.tarad.com/product/4593848
4. SPOT TREATMENT & VITAMIN C

Jika kamu menggunakan produk perawatan dengan fungsi tertentu seperti whitening, brgithtening, pore tightening, maupun produk spot treatment, gunakan di langkah ini. Termasuk produk vitamin C dengan konsistensi yang cair. Namun, perlu perhatikan bahwa penggunaan vitamin C dapat mengelupas sel-sel kulit mati sehingga kulit jadi lebih sensitif saat terkena sinar matahari. Jika kamu menggunakan vitamin C di siang hari, pastikan kamu menggunaakn sunblock di tahap akhir.
source: http://q-depot.com/laneige-white-plus-renew-spot-treatment_ex-20ml
5. BHA & AHA

BHA (Beta Hydroxy Acid) dan AHA (Alpha Hydroxy Acid) adalah 2 jenis formula eksfoliator yang dapat mengurangi garis halus, mencegah keriput, menghilangkan jerawat, komedo, dan pigmentasi kulit. BHA bekerja mengangkat komedo dan membersihkan kulit hingga lapisan pori-pori terdalam. AHA bekerja di permukaan lapisan kulit untuk mengusir komedo putih, menyamarkan bekas luka, pigmentasi, dan garis-garis halus. Jika kamu menggunakan produk perawatan BHA & AHA, pastikan untuk menggunakannya sebelum memakai serum dan ampoule. Kedua produk ini juga bisa digunakan di siang hari, asalkan jangan lupa memakai sunblock.
source: https://us.memebox.com/aha-7-whitehead-power-liquid
6. AMPOULE & SERUM

Walaupun banyak orang menganggap ampoule dan serum merupakan produk yang sama, sebenarnya kedua produk ini sedikit berbeda. Tak semua wanita Korea menggunakan kedua produk ini, bisa jadi hanya menggunakan ampoule maupun serum saja, tergantung kebutuhan. Ampoule biasanya mengandung 1 jenis bahan dengan konsentrat yang sangat tinggi untuk merawat suatu permasalahan kulit. Sedangkan serum umumnya memiliki konsistensi yang lebih kental dari ampoule dan mengandung banyak bahan dalam konsentrat tinggi untuk mengatasi berbagai macam permasalahan. Produk serum juga sering digunakan oleh wanita Amerika/Eropa untuk mengatasi permasalahan seperti anti-aging yang praktis digunakan.
source: http://beautynetkorea.com/product/IOPE-Multi-Vitamin-Ampoule-30ml/464/
7. SHEET MASK

Bingung kapan waktu yang tepat menggunakan sheet mask? Jawabannya adalah di malam hari dan setelah menggunakan serum. Sheet mask atau masker wajah ini umumnya digunakan wanita Korea 3 kali dalam seminggu di malam hari. Terkadang, mereka juga menggunakan masker wajah sebelum menggunakan makeup agar kulit terlihat sehat bercahaya. Jika digunakan malam hari, masker wajah dapat membantu "mengunci" produk-produk skincare yang telah digunakan sebelumnya agar semakin efektif. Setelah 20-30 menit, jangan lupa memijat sisa-sisa produk masker yang masih menempel di wajah agar meningkatkan aliran darah dan produk lebih mudah diserap oleh kulit.
source: http://www.aliexpress.com/w/wholesale-korean-sheet-mask.html
8. ESSENTIAL/FACE OIL

Jika kulitmu termasuk kering dan sensitif, essential oil juga bisa ditambahkan untuk nutrisi dan kelembapan ekstra. Umumnya, jenis minyak yang digunakan adalah jojoba oil, argan oil, tea tree oil, hingga kombinasi berbagai macam jenis essential oil untuk mengatasi permasalahan pada kulit wajah. Umumnya, essential oil dicampur beberapa tetes dan digunakan bersamaan dengan pengaplikasian emulsion, lotion, maupun cream.
source: http://www.amazon.com/COSMETICS-Innisfree-high-nutrition-moisturizing-Beautyshop/dp/B00AJE594Y
9. EMULSION

Hampir semua rangkaian produk skincare dari Korea memiliki emulsion, atau produk pelembap dengan tekstur yang ringan. Biasanya teksturnya mirip seperti lotion yang mengandung susu dan berwarna agak putih. Jika kamu memiliki kulit kombinasi dan berminyak, emulsion bisa menjadi pilihan yang tepat karena terasa ringan.
source: http://beautynetkorea.com/product/The-Saem-Iceland-Hydrating-Emulsion-160ml/3455/
10. EYE CREAM

Kulit di sekitar mata merupakan bagian kulit yang paling tipis, namun juga merupakan bagian yang paling cepat mengalami penuaan. Saat usia bertambah, kamu akan merasa daerah mata menjadi lebih kering dan lebih kendur. Jika hal ini terjadi, gunakan eye cream untuk mencegah tanda-tanda penuaan berlanjut. Tak hanya merek Korea, banyak produk kecantikan merek Amerika yang terus mempromosikan betapa pentingnya penggunaan eye cream untuk anti-aging.
source: http://www.aliexpress.com/item/SECRET-KEY-Snail-EGF-Repairing-Eye-Cream-30ml-Free-gifts-Original-shipping-from-south-korea/32253288785.html
11. LOTION

Lotion yang dimaksud di sini adalah lotion wajah dengan konsistensi yang lebih kental dari emulsion, namun tidak sekental cream untuk wajah. Biasanya cocok untuk digunakan sebagai pelembap bagi kulit jenis normal dan kombinasi. Umumnya, lotion juga dibarengi dengan berbagai macam efek untuk solusi terhadap permasalahan kulit seperti efek whitening, moisturizing, dll.
source: http://en.kstarfashion.com/shop/korean-cosmetics/the-face-shopwhite-seed-real-whitening-lotion-125g-korean-cosmetics/
12. CREAM & NIGHT CREAM

Kamu yang memiliki jenis kulit sensitif maupun kering akan lebih cocok menggunakan pelembap jenis cream. Umumnya, cream wajah yang digunakan di siang hari dipenuhi dengan kandungan nutrisi yang dapat memperbaiki lapisan pelindung kulit, meningkatkan elastisitas kulit, dan mampu merangsang produksi kolagen pada kulit. Sedangkan night cream yang digunakan di malam hari akan berfungsi dengan baik di saat kamu tidur. Sekitar pukul 22.00, kulit akan memasuki siklus recovery, sehingga merupakan jam tidur yang paling optimal untuk kulit yang cantik. Biasanya, night cream mengandung banyak nutrisi dan mampu menjaga kelembapan kulitmu hingga saat kamu terbangun nanti.
source: http://www.koreasnbymalaysia.com/product/cosmetic-skincare-beautycare-makeup-online-price-review/tonymoly-bio-ex-active-cell-night-cream-50g-malaysia-china-india/
13. SLEEPING MASK

Masih belum cukup mengakhiri rutinitas perawatan kulit, produk yang digunakan terakhir di malam hari ini disebut dengan sleeping mask. Ya, masker wajah ini digunakan sebelum tidur dan baru dibilas keesokan paginya. Sleeping mask ini bertujuan untuk "mengunci" agar semua produk skincare yang telah kamu gunakan di tahap-tahap sebelumnya tidak mengering di saat tidur, melainkan diserap oleh kulit dengan baik. Jika kamu hanya menggunakan sedikit produk skincare, tambahan sleeping mask tentu akan berpengaruh secara signifikan untuk meningkatkan efektivitasnya. Di Amerika, kini sleeping masak sudah mulai dikenal dan banyak digunakan oleh wanita.
source: http://prettyniceface.com/2015/02/24/where-to-start-with-korean-skincare-masks-and-sheet-masks/
14. SUN CREAM

Tak lengkap rasanya jika kamu tak memiliki sunscreen maupun sunblock dalam rangkaian produk skincare di rumah. Ada banyak sekali jenis cream penangkal sinar UV dari berbagai macam merek Korea, dan para wanita Korea menyadari betapa pentingnya peran sunblock. Apalagi, 90% penyebab kulit menua karena disebabkan oleh paparan sinar matahari. Dengan mengaplikasikan sunblock setiap hari mulai usia belia, kamu akan membantu mencegah penuaan pada wajahmu sendiri. Jika kamu belum memakai sunblock secara rutin setiap hari, pelajari dampak buruk sinar matahari melalui artikel ini dan segera beli sunblock untuk melindungi kulit wajahmu.
source: http://warxisister.com/index.cfm?fpage=ppid001&catparent=20
Nah, mulai sekarang tak perlu lagi khawatir salah urutan dalam memakai produk skincare Korea. Kalau kamu, berapa total jumlah produk skincare Korea yang kamu gunakan? Apa sajakah itu?