source: http://4kesehatan.blogspot.co.id/2013/05/tips-agar-make-up-foundation-terlihat.html

1. Salah Memilih Warna Foundation yang Sesuai Dengan Warna Kulit

Memilih foundation yang sama dengan warna kulit justru dapat membuat wajah terlihat lebih pucat, terlebih bagi pemilik kulit putih. Ketika memilih foundation, jangan mencobanya di punggung tangan karena warna kulit punggung tangan berbeda dengan warna kulit pada wajah. Sebaiknya cobalah foundation pada bagian rahang bawah atau pipi. Pilihlah warna yang paling cocok kamu kenakan.

2. Memakai Foundation Setiap Hari

Menggunakan foundation memang dapat menutupi beberapa kekurangan pada wajah dan penunjang makeup. Namun bukan berarti alas bedak ini dapat digunakan setiap hari. Gunakan foundation untuk acara tertentu saja. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan sunscreen atau pelembab.

3. Melupakan Leher

Kebiasaan yang sering dilakukan ialah lupa memperhatikan leher karena terlalu fokus pada wajah saja, sehingga menyebabkan warna wajah dan leher berbeda. Tentu ini sangat mengganggu penampilan. Alangkah baiknya jika membiasakan diri untuk mengaplikasikan foundation ke leher dan garis rahang secara rata.

4. Salah Memilih Tekstur yang Sesuai Dengan Jenis Kulit

Tekstur pada foundation dengan jenis kulit juga memiliki kaitan yang erat. Salah memilih tekstur foundation akan merusak penampilan. Jika kamu pemilik kulit kering, jangan menggunakan foundation tipe matte karena hanya akan membuat kulit terlihat kurang lembab. Sedangkan untuk kamu yang bermasalah dengan kulit berminyak, water based foundation cocok untuk kulitmu.

5. Mengaplikasikan Foundation Terlalu Tebal

Beberapa wanita ada yang menggunakan foundation yang tebal dengan maksud untuk menutupi semua kekurangan di wajah seperti bekas jerawat, tanda penuaan dan sebagainya. Namun, menggunakan foundation terlalu tebal akan memberi kesan wajah seperti memakai topeng. Gunakanlah foundation secukupnya dan jangan terlalu tebal. Jika noda di wajah masih terlihat, tutupi dengan concealer hanya di area noda saja.