1. Bersihkan Kulit Kering

Kulit kering pada bibir membuat lipstik atau lipsgloss berantakan. Untuk itu sebelum mengoleskan lipgloss sebaiknya bersihkan kulit kering dengan melakukan pengelupasan lembut. Bisa menggunakan scrub khusus bibir yang tersedia di toko kosmetik. Bisa juga dengan menggunakan handuk. Basahi handuk dengan air hangat, lalu gosokkan pada bibir secara perlahan agar kulit mati terlepas. Hindari membersihkan kulit mati dengan menariknya agar tidak menimbulkan iritasi bibir.
Kamu juga bisa membuat scrub alami. Caranya campur gula dengan minyak zaitun atau petroleum jelly. Gosokkan secara perlahan pada bibir agar kulit mati keluar. Kemudian bersihkan dengan air bersih.

2. Gunakan Lip Balm

Setelah bibir dibersihkan kemudian gunakan lip balm. Tekan-tekan pada bibir agar kandungannya cepat terserap dalam kulit. Lip balm dapat membuat bibir tidak mudah kering dan permukaan bibir jadi lebih halus. Lip balm juga mempermudah untuk membentuk ulang warna bibir.

3. Lip Linner

Buat garis bibir dengan lip liner baik dengan jenis krim atau pensil. Kombinasikan warna yang cocok dengan warna bibir. Lip liner juga berfungsi agar warna lipstik bisa lebih tahan lama dan mewarnai bibir secara keseluruhan.

4. Bedak

Agar warna lipstik tetap bertahan gunakan bedak tabur sebelum menggunakan lipstik. Gunakan spons atau busa yang aman untuk bibir pada bedak tabur. Tekan spons perlahan pada bibir agar garis bibir tampak lebih tegas. Bedak berwarna terang membuat bibir lebih terlihat.

5. Gunakan Lipgloss

Langkah terakhir oleskan lipgloss pada area yang telah dibuat dengan lip liner. Rapikan lipgloss dengan menepuk-nepuk ringan menggunakan tisu. Cukup lakukan sekali karena bila dilakukan berulang-ulang justru warna lipgloss akan hilang. Cara ini membuat lipsgloss bisa tahan lama sepanjang hari