source: http://sehatkancantik.blogspot.co.id/2014/09/6-makanan-pencegah-uban-di-usia-muda.html
Ada beberapa faktor penyebab uban muncul terlalu dini. Nah, sebelum uban merusak penampilan, alangkah baiknya jika kita melakukan pencegahannya. Salah satunya dengan menjauhi hal-hal yang menjadi penyebab rambut sudah beruban di usia muda.
Berikut penyebab rambut beruban di usia muda:

1. Stres Berkepanjangan

Selain tidak baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit, stres juga tidak baik untuk kesehatan rambut. Mengalami stres yang berkepanjangan, juga dapat memicu munculnya uban lebih cepat atau sebelum waktunya. Guncangan batin seperti syok, sedih, dan gelisah juga turut andil menjadi penyebabnya. Stres yang dialami seseorang dapat menghambat produksi melanosit yang berperan memberikan warna pada rambut. Berbagai persoalan hidup yang banyak berdatangan memang sangat mempengaruhi keadaan psikologis seseorang yang membuatnya mudah mengalami stres. Berpikir positif dan rutin melakukan relaksasi sangat diperlukan dalam kondisi seperti ini.

2. Kekurangan Vitamin B12

Kekurangan vitamin B12 memang tidak baik untuk kesehatan rambut. Kekurangan vitamin B12 juga menyebabkan uban tumbuh lebih cepat. Maka dari itu, mulai sekarang penuhilah kebutuhan vitamin B12 dalam tubuh. Vitamin ini juga banyak terkandung pada daging seperti daging sapi, kambing, dada ayam atau kamu bisa mengonsumsi suplemen yang dapat dijadikan sebagai pengganti pemenuhan kebutuhan vitamin B12.

3. Merokok

Merokok juga menjadi salah satu penyebab uban tumbuh di usia dini. Radikal bebas yang dihasilkan rokok dapat menurunkan tingkat melanin. Melanin merupakan pigmen yang memberikan warna rambut dan mata. Sangatlah baik untuk meninggalkan kebiasaan buruk yang merusak tubuhmu ini.

4. Penyakit Tiroid

Munculnya uban sebelum waktunya juga dapat disebabkan karena kelainan pada kelenjar tiroid atau kelenjar hipofisis. Terlalu aktif atau kurang aktifnya tiroid dapat mempengaruhi produksi melanin pada rambut. Disarankan untuk memeriksakan kadar tiroid, jika tiba-tiba uban muncul.

5. Genetik

Kalau memang penyebabnya adalah faktor genetik, maka hal ini sangat sulit dihindari. Jika di dalam keluarga memiliki sejarah beruban di usia muda, maka kemungkinan besar akan mengalami hal yang sama. Hanya kemungkinan besar, bukannya pasti mengalami hal yang sama, lho. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika melakukan perawatan diri atau melakukan hal-hal yang dapat mencegah munculnya uban terlalu dini.