Kimchijeon, Korean-Style Pancake

Kimchijeon merupakan salah satu varian pancake khas Korea yang paling populer di antara lainnya. Pancake khas Korea ini mungkin jauh berbeda dengan versi Amerika yang cenderung memiliki rasa yang manis. Istilah lain yang mungkin dapat menggambarkan pancake ala Korea adalah fritter, adonan tepung dengan campuran sayuran. Atau yang lebih dekat lagi dengan kuliner Indonesia adalah bakwan. Jadi, kimchijeon ini bisa juga disebut sebagai bakwan ala Korea.
source: http://www.maangchi.com/recipe/kimchijeon
Kimchijeon merupakan salah satu makanan yang sering dinikmati saat musim hujan oleh para warga Korea. Resep satu ini juga merupakan cara terbaik untuk memanfaatkan kimchi yang mungkin telah kamu buat sendiri ataupun dijadikan sebagai varasi dalam menikmati kimchi.

Bahan

300 gr kimchi, potong kecil-kecil
1/2 buah bawang bombay, cincang halus
75 gr tepung terigu
3 sdm air rendaman kimchi
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula
60 ml air
Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat

1. Campurkan kimchi yang telah dipotong kecil-kecil dengan bawang bombay, air rendaman kimchi, garam, gula, tepung, dan air, kemudian aduk hingga merata.
2. Panaskan 2 sdm minyak dalam wajan atau teflon dengan api sedang.
3. Tuangkan adonan kimchijeon ke dalam teflon dan ratakan dengan sendok sehingga memiliki ketebalan yang sama.
4. Masak kurang lebih hingga 1 1/2 menit hingga bagian bawah bewarna cokelat keemasan dan kering.
5. Balik adonan menggunakan spatula, masak kurang lebih hingga 1 1/2 menit agar sisi satunya memiliki tingkat kematangan yang sama.
6. Balik lagi adonan, tunggu hingga 30 detik, angkat dan sajikan.
Resep ini merupakan resep dasar kimchijeon. Kamu bisa menambahkan daging, ayam, atau cumi-cumi sebagai isian, ataupun tambahan sayuran lainnya yang kamu suka.
Selamat mencoba!