Masakan Korea identik dengan aroma wijen. Ya, wijen memang merupakan salah satu bahan esensial pada masakan Korea. Aroma wijen yang wangi dan khas akan menambah kekayaan cita rasa masakan Korea. Kali ini, kita akan belajar cara memasak bayam wijen (sigeumchi nameul) yang sering ditemukan pada menu makan siang ala Korea. Selain sehat, rasanya juga lezat, lho.
source: http://koreanfoodrecipes.net/korean-appetizer-recipes/korean-sesame-spinach-salad-recipe.html

Bahan-Bahan

2 ikat bayam segar
1 sdt bawang putih dicincang halus
3 sdt minyak wijen
1 sdt kecap asin
1 sdt gula
2 sdt biji wijen

Cara Membuat

1. Panaskan wajan dalam api sedang, sangrai biji wijen hingga berbau harum. Aduk terus hingga berwarna kecokelatan dan jangan sampai gosong. Jika telah matang, angkat dan sisihkan dalam wadah terpisah.

2. Rebus bayam sebentar hingga terlihat layu dengan air panas, buang airnya, kemudian siram bayam dengan air dingin. Peras bayam untuk membuang kandungan air berlebih.
source: http://www.beyondkimchee.com/korean-spinach/
3. Tambahkan minyak wijen, gula, bawang putih, dan kecap asin ke dalam bayam. Aduk rata, kemudian taburkan biji wijen di atasnya. Hidangan bayam wijen sudah siap dimakan.
source: http://crazykoreancooking.com/recipe/bibimbap-dolsot-bibimbap-or-bibimbop
Hindari memasak bayam terlalu lama dalam air panas karena dikhawatirkan vitamin dan kandungan gizinya akan hilang. Kamu juga bisa menambahkan bubuk cabai Korea jika ingin tambahan sensasi rasa pedas. Jika ada sisa, simpan di kulkas dan tambahkan ke dalam kotak bekalmu keesokan harinya untuk makan siang yang sehat. Kamu juga bisa menggunakan sigeumchi nameul dalam membuat bibimbap, nasi campur khas Korea.