1. Sesuaikan Acara

Boleh saja menggunakan blush on dengan warna dramatis. Tapi sebaiknya sesuaikan dengan acara yang akan dihadiri. Untuk acara sehari-hari sebaiknya pilih warna alami seperti nuansa pink atau gradasi merah jingga dan merah bata.

2. Sesuaikan Warna Kulit

Pink shades cocok digunakan untuk wanita yang memiliki kulit cenderung putih. Warna ini dapat membuat wajah lebih segar dan lebih menyatu dengan warna kulit. Peach shades cocok untuk kulit yang cenderung gelap atau sawo matang. Karena bisa mengoreksi tampilan kulit tanpa terlihat kusam. Kemudian untuk brown shades cocok untuk kulit terang maupun gelap karena warnanya lebih netral.

3. Aturan Warna Alami

Untuk menciptakan warna alami di kulit pilih warna yang satu tingkat lebih terang, maupun dua tahap lebih gelap dari warna kulit. Gunakan blush on pada tulang pipi tertinggi agar tampak merona saat terkena cahaya matahari.

4. Kenali Bentuk Wajah

Untuk wajah oval cukup oleskan blush on pada ujung tulang pipi. Pilih warna yang cerah agar tulang pipi tampak menonjol. Wajah persegi bisa menggunakan gradasi dua warna yang berbeda. Wajah segitiga cirinya memiliki dagu runcing. Bisa disiasati dengan shading pada rahang bawah dan dagu.
Blush on dioleskan ke samping atas telinga. Sedangkan untuk wajah bulat bisa gunakan warna gelap dan terang sekaligus. Aplikasikan di bagian tulang pipi kemudian tarik ke atas. Hindari area hidung agar pipi tidak terlihat semakin bulat.