Saat hujan turun rintik-rintik, tentu makan bakso terasa nikmat. Bola-bola daging yang lembut diimbangi dengan rasa kuah kaldu yang nikmat. Sensasi ini mirip saat makan odeng, jajanan pinggir jalan dari Korea. Ya, odeng atau eomuk memang nikmat disantap panas-panas terutama saat musim dingin. Panas kuahnya dapat menghangatkan tubuh, bola-bola ikan yang nikmat dapat mengganjal perut saat lapar.
source: http://www.wego.co.id/berita/jajanan-favorit-di-myeongdong-street/
Di Korea, odeng biasanya terbuat dari ikan yang dicampur dengan tepung kemudian dibentuk dengan berbagai macam bentuk. Ada yang berbentuk bola-bola, lembaran, hingga bentuk lonjong. Biasanya yang paling sering terlihat adalah yang berbentuk lembaran dilipat-lipat. Variasi rasanya pun bermacam-macam, namun pada umumnya bahan dasarnya terdiri dari ikan. Kuahnya pun terbuat dari rebusan rumput laut dan kaldu sayuran, namun ada pula yang ditambahkan seafood ke dalam kuahnya agar rasanya semakin lezat.
source: http://globaldaegu.blogspot.co.id/2013/01/eatery-alley-in-gyodong-market.html
Salah satu alasan orang Korea menyukai jajanan yang satu ini adalah karena cara makannya yang praktis. Odeng biasa ditusuk dan dicemplungkan ke dalam kuah kaldu baru kemudian dijual. Kamu bisa makan langsung panas-panas dari tusuknya. Rasanya, nikmat! Kamu juga bisa menambahkan saus gochujang pada odengmu. Jika kamu suka odeng rasa pedas, ada pula kedai-kedai yang menyelupkan odeng pada saus gochujang, biasanya dijual bersama tteokppokki.
source: http://lovesouthkorea.tumblr.com/post/37622756748/korean-style-boiled-food-by-seetyoong-odeng
Kalau kamu memesan 1 porsi odeng dengan berbagai macam isian, biasanya kamu juga akan mendapatkan tambahan sayuran seperti bawang bombay, lombak, dan daung bawang. Masih kurang kenyang? Tenang, di kedai penjual odeng biasanya kamu juga akan menemukan banyak jajanan lain yang tak kalah menggiurkan agar perut terasa lebih kenyang.
source: https://www.youtube.com/watch?v=0zeboswxMeQ
Tak hanya cocok sebagai jajanan, odeng juga bisa dimakan bersama-sama dengan keluarga besar dan disantap dengan nasi, sehingga mirip seperti hotpot. Apakah kamu pernah mencoba odeng saat berkunjung ke Korea? Ceritakan pengalamanmu di sini!